Logo Harian.news

Bakal Gelar Konfercab, HMI Cabang Makassar Umumkan Syarat Calon Ketum dan Waketum

Editor : Gita Kamis, 25 April 2024 22:32
Foto: Dok HMI Makassar
Foto: Dok HMI Makassar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar akan menggelar konferensi cabang (Konfercab) XLII atau yang ke-42.

Koordinator Steering Committee Konfercab XLII HMI Cabang Makassar Hasan Basri Baso mengatakan, salah satu agenda dalam konfercab ini adalah memilih calon ketua umum atau caketum pada tanggal 30 April 2024 mendatang.

“Digelar 30 April mendatang, tentu saja ada syarat syarat yang perlu di penuhi oleh para calon,” Hasan Basri saat kepada awak media, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga : Calonkan Diri sebagai Ketua PCNU Makassar, ini Program Gus Taslim Matammeng

Katanya, forum pengambilan keputusan tertinggi di tingkat cabang ini akan diikuti 13 bakal calon yang telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Agar bisa menjadi ketua umum HMI Cabang Makassar, steering menetapkan salah satu syaratnya adalah bakal calon wajib bisa mempraktikkan Khutbah Salat Jumat.

“Kami steering committee sudah menetapkan aturan, setiap bakal calon wajib bisa Khutbah Jumat. Dan kemarin di Botlem kami sudah uji kemampuan berkhutbah semua bacalon ketua umum HMI Cabang Makassar,” ujar

Baca Juga : Dapat Dukungan, Wartawan Rakyat Sulsel Mantapkan Diri Maju di Konfercab PWI Gowa

Menurut Hasan Basri, persyaratan tersebut menujukkan komitmen steering menghasilkan ketua umum HMI Cabang Makassar yang berkompeten dan bernafaskan Islam.

Selain itu, setiap kandidat juga wajib melampirkan transkrip nilai akademik minimal 3.00. Seluruh bacalon ketua umum HMI Cabang Makassar juga wajib melampirkan surat keterangan belum pernah menikah yang diterbitkan oleh pemerintah.

Hasan melanjutkan, steering committee juga mewajibkan kandidat ketum HMI Cabang Makassar menulis di media cetak dengan tema tentang Kota Makassar secara umum.

“Setelah itu, tanggal 27 April nanti akan digelar debat calon ketua umum di wisma HMI Cabang Makassar,” jelas Hasan yang juga Ketua Umum HMI Cabang Makassar periode 2015-2016.

Konfercab HMI Cabang Makassar ke-42 dijadwalkan berlangsung mulai 30 April 2024. Forum ini nantinya diikuti sebanyak 59 komisariat penuh sebagai pemilik suara.

Hasan Basri mengatakan, 59 komisariat tersebar di belasan kampus di Kota Makassar. Tiga belas kandidat yang mendaftar akan ditetapkan sebagai calon ketum HMI Cabang Makassar pada malam nanti.

“Nanti malam baru kita tetapkan pendaftar yang memenuhi syarat sebagai calon ketua umum HMI Cabang Makassar,” tandas Hasan Basri.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda