Logo Harian.news

Biden Respons Kesiapan Norwegia, Spanyol, dan Irlandia Akui Kemerdekaan Palestina

Editor : Rasdianah Kamis, 23 Mei 2024 13:22
Presiden AS, Joe Biden. Foto: ist
Presiden AS, Joe Biden. Foto: ist

HARIAN.NEWS – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, meyakini kemerdekaan negara Palestina harus dicapai melalui negosiasi, bukan pengakuan sepihak.

Hal itu disampaikan Gedung Putih pada Rabu (22/5/2024) usai Irlandia, Spanyol, dan Norwegia, menyatakan kesiapan mengakui kemerdekaan Palestina bulan ini.

Dikutip dari Reuters melalui kumparan, reaksi Washington menandakan kekecewaan AS terhadap tiga negara Eropa yang mengumumkan niat untuk melanjutkan pengakuan unilateral atas negara Palestina.

Baca Juga : Presiden Perancis Sebut akan Akui Kemerdekaan Palestina: Tunggu Momen Tepat

Menurut Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, setiap negara dapat membuat keputusannya sendiri mengenai pengakuan negara Palestina. Namun, bagi Biden, negosiasi langsung oleh para pihak adalah pendekatan terbaik.

“Presiden Biden percaya bahwa solusi dua negara yang menjamin keamanan Israel dan juga masa depan martabat dan keamanan bagi rakyat Palestina adalah cara terbaik untuk mewujudkan keamanan dan stabilitas jangka panjang bagi semua orang di kawasan,” kata Sullivan, seperti dikutip dari Reuters.

“Presiden Biden sama tegasnya dengan catatan bahwa solusi dua negara harus diwujudkan melalui negosiasi langsung melalui kedua pihak, bukan melalui pengakuan sepihak,” tambahnya.

Baca Juga : Musim Haji 2024, Raja Salman Undang 2.322 Jemaah: 1.000 Keluarga Syuhada Palestina

Saat ditanya apakah AS khawatir negara-negara lain akan segera mengakui negara Palestina, Sullivan mengatakan, AS akan mengkomunikasikan posisinya secara konsisten kepada para mitranya.

Norwegia, Spanyol, dan Irlandia telah mengumumkan akan memberi pengakuan atas kemerdekaan Palestina pada Rabu.

Perdana Menteri Irlandia, Simon Harris, mengungkapkan dirinya juga sudah berbicara dengan sejumlah pemimpin dari negara sahabat terkait pengakuan Palestina.

Baca Juga : Spanyol, Irlandia, dan Norwegia Resmi Akui Palestina sebagai Negara

“Hari ini (Rabu) Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina. Menjelang pengumuman ini, saya telah bicara dengan sejumlah pemimpin lainnya, dan saya yakin negara-negara lain akan bergabung dengan kami dalam mengambil langkah penting ini,” ucap Harris, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/5/2024).

Menyusul Norwegia dan Irlandia, Dewan Menteri Spanyol sepakat untuk mengumumkan sikap pengakuan terhadap Palestina secara resmi pada Selasa (28/5/2024) mendatang.

Norwegia dikenal sebagai sekutu dekat AS. Mereka juga telah beberapa kali berupaya menengahi perdamaian antara Israel dan Palestina dalam beberapa dekade terakhir.

Baca Juga : Israel Serang Tenda Pengungsi di Rafah, 40 Orang Tewas

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda