Logo Harian.news

Dorong Pendidikan Global, Unismuh Makassar Hadirkan Beasiswa untuk Mahasiswa Asing

Editor : Rasdianah Kamis, 23 Mei 2024 21:52
Ketua LPBKUI Unismuh Makassar Maharida. Foto: HN/Sinta
Ketua LPBKUI Unismuh Makassar Maharida. Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar luncurkan program beasiswa khusus untuk mahasiswa asing pada tahun akademik 2024/2025.

Ketua LPBKUI Unismuh Makassar Maharida mengatakan, program ini bertujuan menarik minat mahasiswa berbakat dari seluruh dunia untuk bergabung dalam komunitas akademik yang beragam dan dinamis.

“Beasiswa ini bertajuk Unismuh Makerra, singkatan dari Unismuh Makassar Rector’s Scholarship Program,” ujar Maharida seperti dalam rilis yang didapat harian.news, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga : Revitalisasi Pendidikan Pancasila, Unismuh Makassar dan UMS Kolaborasi Gelar Pelatihan Dosen

Katanya, program ini telah berjalan sejak 2022 di bawah koordinasi Unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar.

“Program beasiswa untuk mahasiswa asing ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendorong pendidikan global dan pertukaran budaya. Kami percaya bahwa dengan mempertemukan mahasiswa dari berbagai belahan dunia, kami dapat meningkatkan pengalaman belajar bagi semua mahasiswa dan menciptakan lingkungan akademik yang lebih hidup,” ujarnya.

Beasiswa tahun ini mencakup berbagai aspek, termasuk biaya kuliah, akomodasi, dan uang saku bulanan, memastikan penerima dapat fokus pada studi mereka dan sepenuhnya terlibat dalam kegiatan akademik dan budaya di Unismuh Makassar.

Baca Juga : Fakultas Pertanian Unismuh Makassar Didapuk Penghargaan Prestasi Non Akademik Terbanyak 2024

Program ini juga menawarkan layanan dukungan seperti kursus bahasa dan orientasi budaya untuk membantu mahasiswa asing beradaptasi dengan lingkungan baru mereka.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari universitas, terutama dalam menyediakan fasilitas dan sumber daya manusia. Ini mencerminkan komitmen internal,” kata Maharida.

Calon mahasiswa dapat melakukan pra-pendaftaran melalui situs web khusus atau dengan memindai kode QR yang tersedia dalam pengumuman resmi. Proses aplikasi dirancang agar mudah diakses oleh mahasiswa dari berbagai latar belakang. Persyaratannya antara lain surat rekomendasi, salinan ijazah dan transkrip nilai, paspor, dan asuransi kesehatan.

Baca Juga : Buruan! Unismuh Siapkan 1600 Kuota Beasiswa Senilai Rp 3,8 Miliar untuk Maba 2024: Ini Link Pendaftarannya

Calon mahasiswa kemudian akan mengikuti tes yang dilakukan oleh PMB Unismuh. Pendaftaran awal dibuka hingga 21 Juli 2024 mendatangkan.

“Kami sangat antusias menyambut mahasiswa internasional ke universitas kami. Program ini tidak hanya menguntungkan penerima tetapi juga memperkaya kehidupan kampus kami dengan membawa perspektif dan ide-ide baru,” tambah Maharida.

Sebagai informasi, calon mahasiswa asing dapat menghubungi Kantor Urusan Internasional di Unismuh Makassar melalui email di pmb.unismuh.ac.id atau mengunjungi situs web mereka lpbkui.unismuh.ac.id. Kantor ini berlokasi di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

(NURSINTA)

Baca Juga : Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah, Prodi Komunikasi Unismuh Datangkan Dosen dari Universitas Kebangsaan Malaysia

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda