Logo Harian.news

Kolaborasi dalam Semangat Kemerdekaan: Pemerintah, Civitas IPDN dan Masyarakat Desa Kampili Gelar Aksi Jalan Sehat

Editor : Ahmad Sabtu, 26 Agustus 2023 22:14
Aksi dan Parade Merchine Band dari IPDN Sulsel lakukan atraksi ketangkasan dalam rangkaian Aksi Karang Taruna Jilid II menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, di Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Gowa, Sabtu (26/08/2023).
Aksi dan Parade Merchine Band dari IPDN Sulsel lakukan atraksi ketangkasan dalam rangkaian Aksi Karang Taruna Jilid II menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, di Desa Kampili, Kecamatan Pallangga, Gowa, Sabtu (26/08/2023).

GOWA, HARIAN.NEWS – Semangat kemerdekaan meriah diwujudkan melalui perayaan yang penuh semarak di Desa Kampili, Kecamatan Pallangga. Tepat Pukul 07.30 WIB, di halaman Mesjid Nurul Yusuf, berlangsung acara Jalan Sehat yang diadakan dalam rangkaian Aksi Karang Taruna Jilid II menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Acara yang melibatkan berbagai elemen masyarakat ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan, termasuk termasuk Camat Pallangga, Civitas IPDN Sulsel, Tim Penggerak PKK Kecamatan, UPT Puskesmas Kampili, Satuan Pendidikan, serta berbagai stakeholders Pemerintah Desa beserta Masyarakat Desa Kampili.

Kapolsek dan Danramil turut ambil bagian dalam acara ini, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 897 peserta.

Baca Juga : Senam Ininnawa Bakal Ramaikan Perayaan HUT RI ke- 79 Tahun di Makassar

Sekretaris Desa Kampili, Muh. Ridwan menjelaskan pentingnya acara Jalan Sehat ini dalam menyatukan berbagai lapisan masyarakat dalam perayaan yang bersejarah ini. Ia juga menekankan pentingnya dukungan dan apresiasi kepada para generasi muda di Desa Kampili, yang diharapkan dapat terus berkarya dan berinovasi.

“Tujuan utama dari lomba gerak jalan sehat ini sebagai sarana bagi masyarakat dalam merayakan HUT RI dengan penuh kegembiraan. Kegiatan ini juga menjadi wujud syukur Pemerintah Desa Kampili atas kolaborasi dengan IPDN dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi,” ungkapnya, Sabtu (26/08/2023).

Kehadiran IPDN di Desa Kampili menurutnya diharapkan akan memunculkan lebih banyak lagi kolaborasi yang dapat membawa kemajuan bagi desa tersebut.

Baca Juga : Ratusan Warga HIKMA Ikuti Jalan Santai Peringati HUT ke 87

Puncak acara Jalan Sehat ini terasa sangat meriah, bahkan menguji kemampuan penanganan jalur lalu lintas personel Kapolsek Pallangga dan Danramil. Hal ini disebabkan oleh Aksi dan Parade Merchine Band dari IPDN yang terbagi 3 regu (109 orang) melakukan atraksi ketangkasan.

Peserta dan penonton terlihat sangat antusias, memeriahkan suasana dengan sorakan yang menggema.

Kabak Administrasi Umum IPDN Sulsel, Yossar Kardiat menyampaikan bahwa kolaborasi ini telah memperkuat silaturahmi antara Civitas IPDN dan seluruh stakeholder Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Kampili.

Baca Juga : ASA Janji Prioritaskan Pendidikan Jika Terpilih Jadi Walikota Makassar 

“Hadirnya IPDN di diharapkan kolaborasi ini bisa berlanjut dan menjadikan sebagai Desa Binaan IPDN kedepannya sehingga Desa Kampili bisa menjadi Desa Metro seperti di Desa Lembah Manglayang, Jatinangor,” harapnya.

Sementara itu, Erwin yang mewakili IPDN Sulsel, menambahkan bahwa acara Jalan Sehat ini tak hanya mempererat hubungan dengan masyarakat Desa Kampili, tetapi juga menjadi fondasi untuk kolaborasi-kolaborasi masa depan yang lebih bermakna.

Dalam tanggapannya, Erwin menyampaikan kebahagiaannya dan berharap bahwa kolaborasi ini akan semakin menguatkan persatuan dan kesatuan di Desa Kampili. Ia mendorong generasi muda untuk terus bersemangat dan berkarya dalam kegiatan yang positif.

Baca Juga : Puluhan Ribu Warga Makassar Ikuti Jalan Sehat ASA di Pantai Losari

“Alhamdulillah, kehadiran Jalan Sehat ini menjadi kesempatan berharga untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh masyarakat Desa Kampili. Kami berharap bahwa kolaborasi ini akan membawa dampak positif di masa depan. Ini juga dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk berperan aktif dalam kegiatan yang memberikan kontribusi positif.” ujar Erwin dengan penuh semangat.

Tidak hanya memberikan semangat perayaan, lomba gerak jalan sehat ini juga menjadi momen yang penuh hiburan. Hadiah doorprize yang ditawarkan kepada peserta menambah semarak acara. Pengundian doorprize ini diselenggarakan oleh Karang Taruna setelah acara gerak jalan selesai, menyajikan kebahagiaan tersendiri bagi para peserta.

Melalui acara Jalan Sehat yang sukses ini, Desa Kampili telah menciptakan momentum berharga untuk memupuk persatuan dan kesatuan. Kolaborasi yang terbangun antara Pemerintah Desa, Civitas IPDN, dan masyarakat menjadi bukti konkret akan semangat kemerdekaan yang tak pernah pudar.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda