Logo Harian.news

Masa Peak Season, Pelindo Regional 4 Maksimalkan Pelayanan: Tetap Prioritaskan Keselamatan Penumpang

Editor : Rasdianah Rabu, 20 Desember 2023 16:18
Coffee morning Pelindo Regional 4 Hadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Foto: harian.news/sinta
Coffee morning Pelindo Regional 4 Hadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Foto: harian.news/sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 siap memberikan layanan optimal pada masa “peak season” (musim penumpang) khususnya menghadapi musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Ini disampaikan Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis di Cafe Goodfields jl Bontolempanga Makassar, saat melakukan Coffe Morning Bersama Media mengusung tema Kesiapan Pelindo Regional 4 Hadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Rabu (20/12/2023).

Enriany, sapaan akrabnya, mejelaskan Pelindo Regional 4 akan memberikan pelayanan yang maksimal dan optimal melalui sarana dan prasarana yang tersedia di semua pelabuhan kelolaan.

Baca Juga : Catat Kinerja Mentereng, Pelindo Regional 4 Bukukan Pertumbuhan di Atas 100%

“Kami telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk memastikan kesiapan operasional yang optimal menjelang musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ujar Enriany, Rabu.

“Fasilitas yang ada di pelabuhan dioptimalkan, sumber daya manusia ditingkatkan, dan solusi logistik terbaru diterapkan untuk memastikan penanganan kargo dan kapal berjalan dengan lancar,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Enriany menjelaskan Pelindo Regional 4 telah melakukan koordinasi dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perusahaan pelayaran, Kantor Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, instansi terkait lainnya, dan pemerintah setempat.

Baca Juga : Semakin Pedas, Harga Cabai Diprediksi Sentuh Rp 100.000 / Kg

“Tentu kolaborasi ini bertujuan untuk menyederhanakan proses dan memastikan kelancaran arus barang dan penumpang,” ujarnya,

Meski akan bekerja ekstra dalam menghadapi Nataru, pihaknya tetap menjadikan prioritas utama keselamatan penumpang, awak kapal, dan pekerja pelabuhan.

“Kami menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat, termasuk pemeliharaan rutin peralatan dan peningkatan pengawasan keamanan agar semuanya aman,” katanya.

Baca Juga : Isi Waktu Liburan, SDIT Ar-Rahmah Gelar Alquran Camp

Ia menambahkan, selain berbagai fasilitas yang telah ada, pihaknya kini juga telah menambah fasilitas di terminal penumpang, yakni ruang tunggu sementara (RTS) bagi penumpang yang melakukan transit seperti yang saat ini telah tersedia di Pelabuhan Makassar.

“Tempat bermain untuk anak juga kami tambahkan, ada juga ruang untuk menyusui bagi ibu,” tutup Enriany.

Sementara itu, untuk mengetahui terminal penumpang dibawa naungan Pelindo 4 diantaranya, Pelabuhan Merauke, Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Biak, Pelabuhan Manokwari, Pelabuhan Fak Fak, Pelabuhan Sorong, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Ternate, Pelabuhan Manado, Pelabuhan Gorontalo, Pelabuhan Tolitoli, Pelabuhan Kendari, Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Pare Pare, Pelabuhan Nunukan, Pelabuhan Tarakan, Pelabuhan Tanjung Redeb, Pelabuhan Sengata, Pelabuhan Bontang, Pelabuhan Samarinda, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Banda Naira,Pelabuhan Kampung Baru, Pelabuhan Bontang Lhoktuan dan Pelabuhan TPK Bitung.

Baca Juga : Tak Main-main Hadapi Nataru, PLN Siagakan 63.000 Personel Lapangan

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda