Logo Harian.news

Pastikan Seluruh Anak Sekolah, Disdik Makassar Sediakan Solusi Jika tak Lolos Jalur Zonasi

Editor : Rasdianah Selasa, 18 Juni 2024 14:49
Kepala Disdik kota Makassar Muhyiddin, foto: HN/Sinta
Kepala Disdik kota Makassar Muhyiddin, foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Menyambut Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2024 untuk jenjang SD dan SMP, Pemerintah Kota Makassar menjamin seluruh anak di Kota Makassar bersekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Muhyiddin mengatakan jaminan ini adalah bagian dari program Revolusi Pendidikan yang merupakan salah satu visi misi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Dalam program ini ditegaskan bahwa tidak ada anak usia sekolah di Kota Makassar yang tidak bersekolah,” ujar Muhyiddon, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga : Dishub Makassar Kerahkan 350 Personel untuk Sukseskan Event F8

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu pada pendaftaran PPDB jenjang SD dan SMP 2024 Kota Makassar akan dibuka jalur alternatif selain zonasi dan non-zonasi. Yakni, jalur solusi atau jalur pemenuhan kuota.

Jalur pemenuhan kuota ini ini akan dibuka setelah hasil PPDB jalur zonasi dan non-zonasi diumumkan.

Setelah pengumuman, Disdik Kota Makassar akan melakukan pendataan ke setiap sekolah untuk mengetahui jumlah kuota siswa baru yang belum terpenuhi.

Baca Juga : Revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah di Makassar Target Rampung Tahun ini

Nantinya, calon peserta didik yang tidak tertampung akan dimasukkan ke sekolah yang telah didaftarkan sebelumnya melalui pendekatan jalur zonasi.

“Contohnya ada anak yang tidak lolos di sekolah A, hanya karena persoalan jarak 100 meter (zonasi), nanti pada saat jalur pemenuhan kuota (jalur solusi) maka anak itu akan masuk otomatis ke sekolah A,” ucap Muhyiddin.

Meski begitu, Muhyiddin mengaku jalur pemenuhan kuota ini tidak tertuang pada petunjuk teknis (Juknis) pelaksaan PPDB.

Baca Juga : Segera Digelar, Kadispar Beberkan Progres 5 Zona Panggung F8 Makassar

Namun, dalam surat keputusan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) terdapat aturan terkait pemenuhan kuota (jalur solusi).

Maka dari itu, Muhyiddin meminta kepada seluruh orang tua calon peserta didik untuk tidak panik dan khawatir terkait PPDB ini.

“Saya selaku kepala Dinas Pendidikan, penanggung jawab penerimaan PPDB ini memberikan jaminan Semua warga kota Makassar tidak ada anak yang tidak sekolah,” tegas Muhyiddin.

Baca Juga : Usai Segel, Ahli Waris Tanah SD Inpres Pajjaiang Minta Pemkot Makassar Ganti Rugi Rp 14 M: Jika Tidak Terpaksa Ditutup

“Kami terbuka layanan 24 jam, intinya adalah kami sudah memastikan 2 tahun kami melaksanakan, berjalan dengan baik,” sambung Muhyiddin.

Apalagi selama dua tahun terakhir, kata Muhyiddin, Disdik Kota Makassar dalam pelaksanaan PPDB berjalan dengan baik.

“Kami sudah memastikan 2 tahun kami melaksanakan, berjalan dengan baik,” tutup Muhyiddin.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda