Logo Harian.news

Peluang Semakin Menipis, Deretan Eks Kepala Daerah di Sulsel ini Terancam Gagal ke Senayan

Editor : Rasdianah Kamis, 29 Februari 2024 18:06
tangkapan layar sirekap. Foto: dok HN
tangkapan layar sirekap. Foto: dok HN

HARIAN.NEWS, MAKASSAR РPernah menjabat sebagai kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) bukan garansi untuk bisa melenggang ke kursi wakil rakyat atau Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).  Terbukti dalam pemilihan anggota legislatif (pileg) di Sulawesi Selatan pada, Rabu (14/2/2024) lalu.

Beberapa eks kepala daerah di Sulsel yang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI, berdasarkan real count KPU menunjukkan peluang yang semakin menipis menuju Senayan. Berdasarkan pantauan harian.news, Kamis (29/2/2024) hari ini, perhitungan suara sudah mencapai 539.533 dari 823.236 suara, artinya telah mencapai 65.54 persen TPS.

Berikut deretan para eks bupati dan wakil bupati maupun eks wali kota di Sulsel yNg jumlah suaranydiprediksi tidak membawa dirinya ke kursi legislatif.:

Dapil Sulsel I

Baca Juga : Soal Rekomendasi Demokrat untuk ASS di Pilgub Sulsel, Ni’matullah: Tergantung Elite DPP

Daerah pemilihan (Dapil) Sulsel I, meliputi Kabupaten Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Takalar, dan Kota Makassar. Ada mantan Bupati Takalar Syamsari Kitta.

Syamsari maju sebagai caleg melalui Partai Gelora dengan memperebutkan delapan kursi di DPR RI. Tercatat hanya mendapatkan 4.234 suara di dapilnya.

Dapil II

Eks Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi bersaing dengan mantan Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid melalui Partai Golkar. Namun untuk sementara, perolehan suara keduanya terbilang rendah.

Baca Juga : Prestasi Mentereng Rahman Pina vs Munafri Arifuddin: Siapakah Jagoan Golkar untuk Pilwali Makassar 2024?

Andi Fahsar hanya mendapatkan 15.465 suara sedangakan Syamsuddin Hamid mendapatkan 24.579 suara.

Diketahui, dapil Sulsel II jadi lokasi perebutan sembilan kursi DPR RI. Dapil ini meliputi Kabupaten  Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare.

Dapil III

Dapil Sulsel III akan ada tujuh anggota DPR RI. Dapil ini meliputi Kabupaten Toraja Utara, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

Baca Juga : 2 Cabup Menguat Diusung Gelora Sulsel di Pilkada Pinrang

Ada Andi Mudzakkar yang mencalonkan lewat Partai Gerindra meraih 12.817 suara kalah telak oleh petahana, La Tinro La Tunrung dengan suara 43.560.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda