Logo Harian.news

Harian Jeneponto

Remisi di Hari Kemerdekaan: Satu WBP Rutan Jeneponto Dapat Udara Bebas

Editor : Andi Awal Tjoheng Kamis, 17 Agustus 2023 19:13
Rutan Jeneponto memberikan 222 remisi kepada narapidana di Hari Kemerderkaan RI ke-78. Foto:ist
Rutan Jeneponto memberikan 222 remisi kepada narapidana di Hari Kemerderkaan RI ke-78. Foto:ist

222 Narapidana Rutan Jeneponto Terima Remisi, Langkah Menuju Kebebasan

JENEPONTO,HARIAN.NEWS – Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun menjadi momen yang sangat istimewa bagi 222 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabupaten Jeneponto. Dalam semangat merayakan HUT RI, mereka menerima remisi umum (RU), membawa mereka satu langkah lebih dekat menuju kebebasan.

Kepala Rutan Jeneponto, Hendrik, menjelaskan bahwa remisi diberikan berdasarkan persyaratan administratif dan substantif yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan serta Kepres Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi. Narapidana yang memenuhi kriteria ini, termasuk telah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan untuk kasus pidana umum, berhak mendapatkan pengurangan masa hukuman.

Baca Juga : Senam Ininnawa Bakal Ramaikan Perayaan HUT RI ke- 79 Tahun di Makassar

Dalam Surat Keputusan Remisi Rutan Kelas II B Jeneponto, 215 narapidana mendapatkan Remisi Umum (RU) I, sementara 7 orang diberikan Remisi Umum II. Ada pula 6 orang yang mendapatkan remisi umum (RU) II dengan pindah register BIII untuk menjalani subsider. Namun, sorotan tertuju pada satu narapidana yang berhasil menghirup udara bebas setelah pemotongan masa hukuman, karena tidak memiliki subsider.

Proses penyerahan remisi berlangsung dengan khidmat pada Kamis, 17 Agustus 2023. Langkah ini melambangkan harapan baru bagi narapidana, sebuah langkah kecil menuju kembali ke masyarakat dengan beban hukuman yang lebih ringan.

Di tengah semarak perayaan Hari Kemerdekaan, narapidana ini memiliki kesempatan untuk merasakan kebebasan sejenak, membawa harapan dan tekad untuk mengubah diri dan memulai lembaran baru dalam kehidupan mereka. ***

Baca Juga : Waisak, 1.168 Narapidana Buddha Terima Remisi: 8 Langsung Bebas

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : ASWIN RASYID

Follow Social Media Kami

KomentarAnda