Logo Harian.news

RSUD Daya Kota Makassar Sukses Gelar Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia

Editor : Redaksi Rabu, 12 Juni 2024 14:31
RSUD Daya Kota Makassar Sukses Gelar Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Rabu 12 Juni 2024 bertempat di loby RSUD Daya Kota Makassar digelar kegiatan donor darah yang dirangkaikan dengan sharing edukatif “Bikangdoang” (Bincang Kesehatan Dengan Orang Tersayang) dengan menghadirkan narasumber dr. Reini Meilani Ishbach, M.Kes., Sp.PK sebagai Kepala Instalasi Laboratorium dan Erna Kumalaningrum, S.ST., SKM., M.Kes sebagai Kepala UTD Provinsi Sulawesi Selatan dengan tema sesuai WHO tahun ini adalah “20 Years Of Celebrating : Thank You Blood Donor !”.

Acara ini dibuka resmi oleh Direktur RSUD Daya Kota Makassar Ir. Hj. Rusmayani Madjid, M.Sp. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungan kegiatan ini sebagai gerakan kemanusiaan yang perlu terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat.

“Setetes darah dari kita yang disumbangkan kepada orang lain, bisa menyelamatkan nyawa. Selain bermanfaat buat orang lain, donor darah juga memiliki dampak positif bagi kesehatan kita. Kami mengucapkan terimakasih kepada para pendonor setia yang senantiasa meluangkan waktunya untuk berbagi,” ujarnya.

Baca Juga : RSUD Daya Tandatangani Kerjasama Dengan Poltekkes Tasikmalaya: Tingkatkan Kualitas Implementasi Rekam Medis Elektronik

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama RSUD Daya Kota Makassar, UTD Provinsi Sulawesi Selatan dan Pahlawan Darah Makassar yang diikuti oleh beberapa kalangan diantaranya adalah mahasiswa, pegawai rumah sakit dan masyarakat sekitar.

“UTD memang sudah lama memiliki Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan RSUD Daya Kota Makassar, kami berperan dalam memfasilitasi dan membantu distribusi darah yang diperlukan oleh masyarakat. Hal ini terus dilakukan mengingat kebutuhan darah di masyarakat masih tinggi. Yang kami dorong disini adalah bagaimana masyarakat juga tergugah untuk menjadi pendonor sukarela,” kata Erna Kumalaningrum, S.ST., SKM., M.Kes.

Baca Juga : RSUD Daya Kota Makassar Menjadi Tujuan Kunjungan Studi Banding Pengelolaan Diklat di Rumah Sakit

Menurut dr. Reini manfaat donor darah bagi diantaranya adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung, merangsang aktivasi stem cell untuk produksi sel darah merah yang baru, mengurangi resiko penyakit gangguan sirkuler dan kanker, sebagai media medical check-up gratis dan meningkatkan kebahagiaan karena membantu orang lain.

Kegiatan sharing edukatif dan donor darah ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dimana banyak yang berinteraksi langsung maupun yang mengikuti live season di media sosial rumah sakit.

Kegiatan serupa juga akan terus rutin dilakukan oleh RSUD Daya Kota Makassar dalam mendorong value-nya di masyarakat.

Baca Juga : RSUD Daya Makassar Luncurkan Program Vaksinasi Hepatitis B

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda