Logo Harian.news

Solusi Menghadapi Kemacetan saat Mudik Lebaran

Editor : Redaksi Selasa, 09 April 2024 21:58
Dr. Sakka Pati
Dr. Sakka Pati

Oleh : Sakka Pati

(Dosen Fakultas Hukum Unhas)

HARIAN.NEWS – Kemacetan saat mudik Lebaran telah menjadi tantangan yang klasik setiap tahunnya di Indonesia. Jutaan orang melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakan momen Lebaran bersama keluarga, namun seringkali terjebak dalam kemacetan yang memakan waktu dan tenaga. Beberapa kasus kecelakaan lalu lintas saat mudik/balik lebaran kerap terjadi dan bahkan menelan korban jiwa.

Baca Juga : Penggunaan SPKLU di Sulselrabar Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Mudik Lebaran

Teranyar kecelakaan tragis di KM 58 Jl. Tol Jakarta Cikampek menjadi perhatian khusus jajaran kepolisian. Bahkan Kapolri Jendrar Listyo turut berbicara dan mengingatkan semua lapisan masyarakat termasuk jajaran kepolisian untuk hati-hati dan waspada saat mudik. Secara khusus sopir atau pengendara betul-betul harus waspada agar terhindar dari kecelakaan.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa solusi yang dapat diterapkan:

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Baca Juga : Arus Balik, Pelindo Regional 4 Catat 5 Pelabuhan Terpadat di KTI: Makassar Tertinggi Pertama

Persiapkan perjalanan mudik dengan matang jauh sebelum tanggal keberangkatan. Buatlah rencana rute yang detail dan periksa kondisi jalur yang akan dilalui. Pilih waktu keberangkatan yang strategis untuk menghindari jam-jam sibuk.

2. Manfaatkan Teknologi

Aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze dapat membantu dalam mencari rute alternatif yang lebih lancar dan menghindari kemacetan. Selain itu, cek kondisi lalu lintas secara real-time sebelum berangkat untuk memperoleh informasi terkini tentang kemacetan dan kepadatan lalu lintas.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Motor Usai Perjalanan Mudik Lebaran

3. Berbagi Perjalanan

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berbagi perjalanan dengan keluarga atau teman. Dengan cara ini, Anda dapat membagi biaya dan mengurangi jumlah kendaraan yang bergerak ke arah yang sama, sehingga membantu mengurangi kemacetan.

4. Hindari Perjalanan pada Puncak Arus Mudik

Baca Juga : Arus Mudik Lebaran, Menhub Minta Polisi Razia Travel Gelap

Perjalanan pada puncak arus mudik biasanya lebih padat dan memakan waktu lebih lama. Pertimbangkan menghindari tanggal-tanggal tersebut dan pilih waktu keberangkatan yang lebih sepi jika memungkinkan.

5. Tetap Tenang dan Sabar

Kemacetan adalah bagian tak terhindarkan dari perjalanan mudik. Tetaplah sabar dan tenang dalam menghadapinya. Persiapkan diri dengan membawa bekal dan hiburan untuk mengisi waktu selama perjalanan.

6. Dukungan Kepolisian dan Pemerintah

Polisi dan pemerintah daerah setempat, sangat penting dalam mengatasi kemacetan saat mudik Lebaran. Upaya peningkatan infrastruktur, rekayasa (pengaturan arus lalu lintas,) dan pengelolaan transportasi umum dapat membantu mengurangi kemacetan secara signifikan.

Apabila upaya dan cara tersebut dapat dilaksanakan setidaknya diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan saat mudik Lebaran dan membuat perjalanan pulang kampung menjadi lebih lancar dan menyenangkan bagi semua orang.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda