Logo Harian.news

Susul Jepang, Rusia Keluarkan Peringatan Tsunami

Editor : Rasdianah Senin, 01 Januari 2024 20:40
ilustrasi gempa bumi Foto:net
ilustrasi gempa bumi Foto:net

HARIAN.NEWS, – Gempa Jepang bermagnitudo 7,4 yang mengguncang pada Senin (1/12/2024) juga memicu Rusia mengeluarkan peringatan tsunami di kota pelabuhan timur jauh Vladivostok dan Nakhodka, kantor berita negara TASS melaporkan.

Mengutip laporan The Guardian, Rusia mengeluarkan peringatan tsunami untuk Sakhalin dan sempat memerintahkan evakuasi.

“Evakuasi sedang berlangsung,” kata departemen darurat regional menurut laporan TASS yang dikutip dari liputan6.0

Baca Juga : Rusia Kritik Dewan Keamanan PBB, Dianggap Tak Becus Tangani Konflik Israel-Iran

Kendati demikian pihak berwenang Rusia mengatakan tidak ada lagi evakuasi di Sakhalin.

TASS melaporkan bahwa informasi tentang evakuasi yang sedang berlangsung di Sakhalin telah dihapus dari situs resminya, dan departemen darurat regional sekarang mengatakan peringatan tsunami telah dikeluarkan tetapi tidak ada evakuasi penduduk yang dilakukan.​

Pemerintah Rusia juga memberi tahu para nelayan dan orang lain yang berencana keluar ke perairan untuk kembali ke pantai, lapor TASS.

Baca Juga : Korban Tewas Gempa Jepang Capai 100 Orang, 200 Lebih Belum Ditemukan

Sementara itu, Jepang telah mendesak warganya untuk “segera mengungsi” setelah gempa berkekuatan magitudo 7,4 melanda dan memicu peringatan tsunami besar dikeluarkan untuk wilayah pesisir Noto di Ishikawa. Sebuah peringatan akan gelombang setinggi 5 meter (16 kaki).

Pihak berwenang juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk prefektur tetangga Niigata dan Toyama, di mana mereka mengatakan gelombang bisa mencapai 3 meter.

Televisi publik menayangkan tulisan “EVACUATE” (evakuasi) dalam huruf besar, mendesak warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi meskipun cuaca dingin.

Baca Juga : Gempa Susulan Masih Terjadi, WNI di Jepang Mengungsi ke Masjid

Seorang presenter NHK mendesak pemirsa yang terkena dampak gempa bumi untuk segera menyelamatkan diri: “Kami menyadari rumah Anda, harta benda Anda semua berharga bagi Anda, namun hidup Anda lebih penting daripada segalanya. Larilah ke tempat setinggi mungkin.”

Orang-orang juga mengunggah video rumah dan kereta bawah tanah mereka berguncang saat gempa bumi terjadi pada hari Senin, hari pertama 2024, Hari Tahun Baru.

Serangkaian 21 gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,0 atau lebih kuat melanda Jepang tengah hanya dalam waktu 90 menit pada hari Senin, kata Badan Meteorologi Jepang (JMA). Getaran terkuat terjadi pada pukul 16:10 waktu setempat (07:10 GMT), berkekuatan 7,6.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Jepang, Kemlu Sebut ada Peringatan Tsunami Besar

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda