Logo Harian.news

18 Kabupaten dan Kota di Sulsel Raih Predikat Peduli HAM, Intip Daftarnya!

Editor : Rasdianah Selasa, 26 Maret 2024 17:14
18 kabupaten/kota di Sulsel terima penghargaan dari Kemenkumham. Foto: HN/Sinta
18 kabupaten/kota di Sulsel terima penghargaan dari Kemenkumham. Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Sebanyak 18 Kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima piagam penghargaan predikat peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2022, yang diserahkan langsung oleh Pejabat Gubenur Sulsel Bahtiar Baharuddin, di Claro kota Makassar, Senin (25/3/2024).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak dalam sambutannya mengatakan, ke 18 Kabupaten dan kota tersebut, berhasil meraih predikat Kota Peduli HAM dikarenakan telah memenuhi dan mengimplementasikan kriteria standar penilaian P5 HAM (Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuan HAM).

“Mereka telah memenuhi P5 HAM sehingga diberikan penghargaan untuk memotivasi mereka (18 Kabupaten dan kota),” ujarnya.

Baca Juga : Hore! Pemda Sinjai Sabet Penghargaan Peduli HAM 2023

Selain itu, kata Liberti Sitinjak ada beberapa point yang juga menjadi perhatian dalam pemberian piagam penghargaan, di antaranya pertama terpenuhinya hak sipil dan politik, yang terdiri atas hak atas bantuan hukum dan hak atas informasi.

“Hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, serta hak atas kependudukan,” terangnya.

Kedua adalah terpenuhinya hak ekonomi, sosial dan budaya, yakni hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, serta hak perempuan dan anak.

Baca Juga : Kukuhkan Pengurus Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Sulsel, Pj Gubernur Sampaikan Harapan

“Kriteria tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021,” katanya.

Di lokasi yang sama, Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra yang juga menerima piagam penghargaan, mengucapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut karena hal ini sejalan dengan visi misi dan program prioritas Kota Makassar salah satunya dalam hal pelayanan publik berbasis HAM.

Kota Makassar, kata Firman sangat konsen terhadap penyetaraan masyarakatnya baik dari kelompok perempuan, anak, lansia dan difabel.

Baca Juga : TPN Ganjar-Mahfud Tegaskan Komitmen Penyelesaian Masalah HAM

“Alhamdulillah hari ini kita masuk dalam predikat Kota Peduli HAM ini pertanda kita harus lebih meningkatkan kerja-kerja khususnya pada pelayanan publik berbasis HAM,” ucapnya.

“Bisa kita contohkan seperti pembentukan shelter warga, di mana shelter ini sebagai wadah perlindungan untuk korban kekerasan pada perempuan dan anak. Pemkot juga terus membenahi agar kota nyaman untuk semua tanpa terkecuali, termasuk bagi kelompok difabel,” sambung Firman.

Firman berharap dengan penghargaan predikat Kota Peduli HAM ini mampu membuat Pemerintah Kota Makassar lebih memacu dan fokus mengakomodir pemenuhan HAM setiap warganya.

Baca Juga : Tim Monev Kemenkumham Sulsel Tinjau Kualitas Bantuan Hukum di Kantor LBH Lipang Takalar

Berikut Daftar 18 Kabupaten dan Kota yang meraih piagam penghargaan predikat peduli HAM:

  1. Makassar
  2. Palopo
  3. Parepare
  4. Bantaeng
  5. Barru
  6. Bone
  7. Luwu Timur
  8. Luwu Utara
  9. Maros
  10. Pinrang
  11. Sidenreng Rappang
  12. Sinjai
  13. Soppeng
  14. Gowa
  15. Tana Toraja
  16. Toraja Utara
  17. Bulukumba
  18. Pangkajene dan Kepulauan.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda