Logo Harian.news

3 Terduga Pencuri LCD Lift Balai Kota Makassar Diamankan, Motif Spare Part Belum Dibayar

Editor : Rasdianah Sabtu, 24 Februari 2024 13:21
ilustrasi. Foto: istock
ilustrasi. Foto: istock

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Satreskrim Polrestabes Makassar berhasil mengamankan terduga pelaku pencurian spare part lift Balai Kota Makassar milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Devi Sujana, membenarkan terduga pelaku telah diamankan, dan jumlahnya ada 3 orang.

“Terduga pelaku itu ditangkap Tim Jatanras Satreskrim Polrestabes Makassar di Perumahan Nur Azilah, Kabupaten Maros, siang sekira pukul 01:30 Wita, Jumat (23/2/2024),” beber Devi sapaan akrbanya saat di konfirmasi, Sabtu (24/2/2024).

Baca Juga : Kali Kedua Kecolongan, Spare Part Lift Balai Kota Makassar Ditilap Orang

Ketiga terduga pelaku yang diamankan itu masing-masing BA (40) pekerjaan tenaga honorer, kemudian AR (41) pekerjaan sebagai teknisi dan seorang wiraswasta berinisial SR (52).

Ketiga pria paruh baya itu disebut ditangkap berdasarkan hasil penyelidikan pihaknya atas laporan polisi nomor: LP/B/336/ll/2024/SPKT/POLRESTABES MAKASSAR/POLDA SULAWESI SELATAN.

Devi menjelaskan, adapun motif terduga pelaku nekat melancarkan aksinya tersebut kata Devi, sebab spare part lift yang terpasang di Kantor Balai Kota Makassar tersebut belum dibayar.

Hal tersebut berdasarkan hasil interogasi BA yang mengatakan dirinya tidak melakukan pencurian namun mengambil barang milik CV. It Tekno Solo Tindo yakni LCD lift yang terpasang di Kantor Balai Kota Makassar.

Pencabutan spare part lift tersebut dilakukan BA bersama AR, seorang teknisi dikarenakan sudah lama tidak dibayar oleh pihak Kantor Balai Kota Makassar. Pencopotan itu pun dilakukan berdasarkan perintah atasannya yang juga ikut diamankan polisi yakni SR.

“Menurut keterangan yang kita amankan, motif mereka karena LCD lift tersebut belum dibayar sehingga pemilik LCD lift mencabut,” ungkapnya.

Selain itu, dalam keterangan BA juga menyebut dirinya sudah menyurat untuk pencabutan sparepart lift kepada Kepala Sub Bagian dan Admin Perlengkapan Pemerintah Kota Makassar bahwa dirinya ingin mengambil atau mencabut LCD lift tersebut.

“SR mengakui dan membenarkan telah menyuruh BA dan AR untuk mencabut LCD Lift dan CCTB yang ada di Kantor Balai Kota Makassar dengan alasan SR telah berkomunikasi dengan Pihak Sekda yang pada saat itu menjabat sebagai kasubag perlengkapan,” tutur Devi.

Sebelumnya, telah diberitakan Pemkot Makasar mengalami insiden pencurian spare part lift di gedung Balai Kota Makassar.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perlengkapan Bagian Umum Setda Kota Makassar, Siti Selvi Wildana mengatakan kehilangan tersebut sudah terjadi dua kali dalam kurung waktu 4 bulan.

“Ini sudah dua kali terjadi pertama di bulan Oktober (2023), nah ini terjadi lagi waktu tanggal 22 Januari (2024),” ujar Selvi kepada awak media, Makassar, Kamis (22/2/24) lalu.

Akibat pencurian ini, Pemkot Makassar ditaksir mengalami kerugian mencapai Rp 50 juta lebih.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda