Logo Harian.news

6 Amalan Ini Sebaiknya Dilakukan di Malam Lailatul Qadar

Editor : Gita Senin, 01 April 2024 23:43
Ilustrasi shalat malam. (Foto: Pinteres)
Ilustrasi shalat malam. (Foto: Pinteres)
Oleh: Faudiah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Lailatul Qadar adalah malam yang sangat Istimewa di bulan Ramadan, dan disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini sangat penting bagi umat Muslim, karena pada malam ini – Al-Qur’an yang menjadi petunjuk/pedoman umat manusia diturunkan.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar”. QS Al-Qadar [97] ayat 1-5.

Baca Juga : Ini Doa Malam Lailatul Qadar Serta Amalan yang Perlu Dilakukan Selama Ramadan

Di bulan yang penuh berkah, ampunan dan segala amal dilipatgandakan, maka raihlah keutaman di bulan ini, selagi Allah SWT, masih memberi kesempatan bagi hambaNya untuk bertemu di bulan Ramadhan dan menjumpai Malam Lailatul Qadar. Berikut beberapa amalan yang dapat kamu lakukan di malam Lailatul Qadar:

1. Melakukan Shalat Sunnah

Selain menjalankan shalat fardu 5 waktu, dalam pencarian malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk memperbanyak shalat malam, seperti shalat tarawih, shalat taubat, shalat tahajud, shalat hajat, hingga shalat witir.

Baca Juga : Kapan Datangnya Malam Lailatul Qadar? Berikut Tanda-tanda dan Doa yang Perlu Diamalkan

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

2. Memperbanyak Dzikir dan Berdoa

Jangan sia-siakan kesempatan di malam Lailatul Qadar untuk berdoa, beristighfar, bertasbih, tahmid dan takbir. Berzikir dan berdoa pada malam Lailatul Qadar juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam berzikir dan berdoa, umat Muslim dapat memohon ampunan, keberkahan, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT.

3. Membaca Al-Quran

Sebenarnya membaca Al-Qur’an tidak hanya dilakukan pada saat bulan Ramadan saja, tetapi amalan lainnya yang bisa dilakukan untuk meraih malam Lailatul Qadar adalah dengan membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dengan penuh khusyuk dan tadabbur, merenungi maknanya serta berusaha mengamalkan ajaran yang terkandung di dalamnya.

4. Infaq dan Sedekah

Keutamaan berinfaq dan sedekah pada malam Lailatul Qadar akan dilipatgandakan pahala dari Allah SWT. Infaq dan sedekah tidak dinilai dari kecil atau besarnya, akan tetapi dinilai dari seberapa kemampuan yang bisa diberikan oleh orang tersebut. Memberikan infaq dan sedekah pada mereka yang membutuhkan, baik dalam bentuk materi, waktu, tenaga, ilmu dan sebagainya.

5. Menghindari Perbuatan Maksiat

Di bulan Ramadan ini mari gunakan waktu dan kesempatan sebaik mungkin untuk menjauhi perbuatan maksiat, mengevaluasi, mengintropeksi dan memperbaiki diri menjadi lebih baik, tidak hanya dilakukan saat di bulan Ramadhan saja, akan sangat baik bila istiqomah selamanya dan yang terpenting itu semua semata-mata mengharap ridho Allah SWT.

6. Memperbanyak Waktu dengan Ibadah

Menggunakan waktu di malam Lailatul Qadar dengan sebaik-baiknya untuk beribadah, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada Allah sangat baik. Selain itu, dianjurkan juga untuk memperbanyak bacaan wirid atau doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Yang terpenting, lakukan semua amalan dengan Ikhlas dan penuh kekhusyuk-an, serta percaya bahwa Allah akan menerima amalan-amalan kita dimalam yang mulia ini.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda