Logo Harian.news

Ada Pengembalian Uang Rp 2 Miliar dari Rekening SYL, Begini Respons KPK

Editor : Rasdianah Rabu, 26 Juni 2024 17:55
KPK menemukan uang tunai sejumlah Rp30 Miliar saat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist
KPK menemukan uang tunai sejumlah Rp30 Miliar saat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan ada pihak-pihak yang mengaku ketakutan ketika terjerat kasus korupsi kemudian secara mendadak hasil uang panas itu dikembalikan ke rekening penampungan KPK. Pihak yang mengembalikan itu pun tidak diketahui identitasnya.

Hal ini disebutkan oleh Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu merespons soal adanya pengembalian uang Rp 2 miliar atas nama eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Asep kemudian mengatakan pada rekening penampungan KPK kerap kali menerima banyak pengembalian uang negara yang telah dikorupsi tanpa diketahui identitasnya. Bahkan beberapa orng tersebut menurut dia ketakutan.

Ada pun orang yang dimaksud ketakutan itu adalah pihak yang merasa kecipratan hasil uang panas, padahal orang tersebut juga tidak mengetahui asal muasal uang itu.

Baca Juga : Gelar Rakor, KPK Bakal Perkuat Peran APIP di Sulsel

“Kami agak bertanya-tanya, kadang kala orang mengembalikan uang ke rekening penampungan itu tidak atau tanpa identitas. ada juga yang kenapa kok ‘saya merasa dapat gitu ya’, ‘kebagian dari uang tersebut’,” kata Asep di Gedung Merah Putih KPK, dikutip dari liputan6, Rabu (26/6/2024).

“Jadi dia ketakutan sendiri, dia nomor rekening penampungan, dikirim saja,” sambung Asep.

Sementara itu, terkait dengan pengembalian uang dari SYL itu, Asep menjelaskan rekening penampungan itu disiapkan secara terpisah dari masing-masing perkara.

Baca Juga : Luncurkan Aplikasi APIP TA’, Danny Pomanto: Optimalisasi Pengawasan Internal dan Pencegahan Korupsi

Namun dia bakal mengeceknya terlebih dahulu.

“Perkara SYL, di perkara ini, jadi enggak satu (rekening penampungan). Tapi di perkara tersebut sering kali juga tidak mencantumkan identitasnya, tapi kita harus melakukan pengecekan,” jelas dia.

Di persidangan lanjutan perkara gratifikasi dan pemerasan SYL, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Meyer Simanjuntak mengungkapkan, terdapat uang masuk senilai Rp 2,01 miliar dari rekening atas nama Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke rekening penitipan KPK saat SYL berada dalam tahanan.

Baca Juga : 2 Kaki Tangan SYL Divonis 4 Tahun Penjara

Dia menjelaskan, pengiriman uang dari rekening SYL itu berisi catatan terkait perkara Kementerian Pertanian (Kementerian) RI.

“Ini ada di barang bukti nomor 1.002, kiriman uang dari rekening Bank Mandiri atas nama Syahrul Yasin Limpo tertanggal 2 Januari 2024,” kata Meyer sambil menunjukkan bukti dalam persidangan pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin, 25 Juni 2024.

Oleh karena itu, Jaksa pun meminta SYL menerangkan hal tersebut. Namun SYL mengaku tak mengetahui transaksi itu lantaran sudah berada di dalam tahanan.

Baca Juga : Ketuk Palu! SYL Divonis 10 Tahun Penjara: Wajib Bayar Rp 14 M Plus 30.000 USD

SYL, dalam persidangan juga mengaku tidak mengetahui memiliki rekening dengan namanya tersebut. Dia beralasan seluruh rekening miliknya dipegang oleh para anak buahnya, antara lain mantan ajudannya, Panji Harjanto.

“Saya tidak tahu persis apakah memang ada rekening itu dan saya tidak pernah menyetorkan uang itu. Keluarga saya juga tidak pernah memberitahu tentang transaksi itu,” ucap dia.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda