Logo Harian.news

Anak Mentan Maju Caleg, Pengamat: Andi Amar Harus Keluar dari Bayangan Bapaknya!

Editor : Rasdianah Jumat, 12 Januari 2024 10:11
Pengamat Politik Ali Armunanto. Foto: dok pribadi
Pengamat Politik Ali Armunanto. Foto: dok pribadi

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto menilai majunya anak Mentan Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman sebagai Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Gerindra Dapil Sulsel II, harus menghadirkan program kongkrit bagi petani muda.

“Tidak ada yang spesifik dari apa yang dikatakan Andi Amar tentang dia akan menjadi representasi gen Z banyak pembahasan yang berlaku general, jadi menurut saya memang seharusnya program yang konkretnya, tindakan apa ya desain kegiatan yang akan dilakukan kalau terpilih dan tindakan-tindakan dia sebagai seorang Gen Z,” tegas Andi Ali Armunanto, Jumat (12/1/2024).

Menurutnya, Andi Amar harus keluar dari bayangan ayahnya Amran Sulaiman Mentri Pertanian RI di Kabinet Indonesia Maju, dengan memberikan solusi, program jelas untuk petani muda serta menunjukan kapasitas dirinya bahwa Ia memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Baca Juga : Soal Kotak Kosong di Pilgub Sulsel, Pengamat: Masih Terlalu Dini

“Dia harus turun ke petani bergaul dengan para petani-petani milenial petani-petani Urban mungkin untuk mendapatkan solusi-solusi yang menarik terkait penggunaan teknologi modern dalam pertanian,” jelasnya.

Melihat program petani muda, Andi Ali Armunanto justru khawatir jika Andi Amar hanya akan menjadi proxy dari ayahnya Amran Sulaiman.

Artinya hanya menjadi aktor yang kemudian orang sebenarnya tidak melihat kapasitasnya sebagai gen Z tapi lebih melihat dia sebagai representasi dari bapaknya

Baca Juga : Menyoal Krisis Figur 02 di Pilkada Gowa, Siapa yang Unggul?

“Sebab jika berbicara tentang petani Andi Amar itu kan anak menteri pertanian, tapi secara mungkin dia paham tentang konsep tapi Bagaimana praktik bertaninya Bagaimana realita pertanian di lapangan Saya rasa itu belum belum dia pahami sebelumnya,” katanya.

Sehingga perlu mengurangi wacana kemudian menonjolkan praktik bagaimana dan apa solusi petani muda yang dimaksud, agar bisa diakui layak menjadi perpanjangan tangan Gen Z,

“Kemudian bisa kita akui dia sebagai representasi yang layak Sampai saat ini pun saya tidak melihat di Andi Amar justru berlindung di bayang-bayang bapaknya untuk mendapatkan keuntungan,” tandasnya.

Baca Juga : Kaesang Menguat di Survei, Gerindra Akui Juga Lirik untuk Maju di Pilkada 2024

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda