Logo Harian.news

Apa Kabar Stadion Sudiang? Dinas PU: DED Tengah Berjalan, Kita Tunggu Hibah Lahan

Editor : Rasdianah Selasa, 09 Juli 2024 13:27
Tangkapan layar ilustrasi stadion sudiang. Foto: dok Kementerian PUPR
Tangkapan layar ilustrasi stadion sudiang. Foto: dok Kementerian PUPR

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) mulai melakukan persiapan rencana pengerjaan akses jalan menuju Stadion Sudiang.

Plt Kepala Bidang Jalan dan Jembatan (BJJ) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar Andi Harsono menjelaskan, detail enginering design (DED) pembangunan jalan tersebut sudah berjalan.

Jalan yang akan menelan anggaran Rp 200 miliar itu, akan dikerjakan dimulai dari samping RS Pertamina, Jl Pajjaiang, Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya, yang mana rintisan jalan tersebut akan dibangun sepanjang 1,2 km.

Baca Juga : Proses Lelang Sekda Makassar Menuju Tahap Akhir, 3 Nama Besar Keluar: Siapa yang Gugur?

“Penentuan titiknya di samping RS Pertamina lurus sampai masuk ke dalam (menuju stadion),” ujar Andi Harsono, Selasa (9/7/2024).

Sebelum mengeksekusi, pihaknya akan melakukan penimbunan untuk membuka jalan baru menuju Stadion karena kondisi lahan berupa tanah.

“Sementara kita kaji terus, review perencanaan mana-mana yang masuk dan kriteria apa yang bisa dipasangi. Kita olah mulai dari penimbunannya, bisa dapat berapa truck satu hari, sampai dapat penimbunan sekitar 1,2 km,” rincinya

Baca Juga : DWP Diskominfo Makassar Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Anak Tenaga Honorer

Kata Andi, pihaknya tengah mengkalkulasi kebutuhan teknis terkait material yang dibutuhkan. Rencananya pembangunan jalan ini juga akan dilengkapi dengan pedestrian, drainase, median jalan, hingga elektrikal.

Meski telah melalukan perencanaan, lahan akses jalan tersebut milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, saat ini, pihak Pemkot Makassar harus menunggu penyerahan atau hibah lahan sebelum memulai pengerjaan jalan.

“Lahan di situ di dalamnya milik provinsi, jadi kita tunggu pemprov untuk menyerahkan hibah lengkap dengan prosedur baru kita action,”tandasnya.

Baca Juga : Sengketa tak Berkesudahan, Danny Minta Pemilik Lahan SD Inpres Pajjaiang Segera Lakukan Setrifikasi

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda