Logo Harian.news

Arab Saudi Umumkan 1.301 Jemaah Haji Wafat: 83% Jemaah Ilegal

Editor : Rasdianah Senin, 24 Juni 2024 10:33
Jamaah haji. (Dok. Ist)
Jamaah haji. (Dok. Ist)

HARIAN.NEWS, MAKKAH – Arab Saudi mengumumkan jumlah jemaah haji yang meninggal pada musim haji tahun ini per Minggu (23/6) sebanyak 1.301 orang.

Mayoritas jemaah wafat tak mengantongi tasreh atau izin resmi haji yang bergabung dalam delegasi haji sebuah negara. Artinya, mereka adalah jemaah ilegal.

Jumlah jemaah wafat disampaikan oleh Menkes Fahd Al-Jalalel pada Minggu, seperti dikutip dari Saudi Gazette melalui kumparan, Senin (24/6/2024).

Baca Juga : Layanan Haji Dianggap tak Maksimal, PPP Beberkan Alasannya

Menurut Al-Jalajel, 83 persen dari jumlah jemaah haji yang wafat tersebut merupakan jemaah ilegal. Mereka melaksanakan haji dengan berjalan kaki dalam jarak yang jauh di bawah sinar matahari langsung, tanpa mendapat tempat berlindung dan kenyamanan yang memadai.

“Di antara korban meninggal ada beberapa orang lanjut usia dan orang yang sakit kronis,” ujarnya.

Al-Jalajel menyampaikan belasungkawa atas wafatnya pada jemaah dan mendoakan mereka.

Baca Juga : Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal di Tanah Suci Tembus 309 Orang

Al-Jalajel juga mengatakan bahwa semua laporan jemaah yang wafat telah dikumpulkan.

“Keluarga almarhum diberi tahu dan identifikasi selesai meskipun pada awalnya tidak ada informasi pribadi atau dokumen identifikasi. Kami melakukan identifikasi, penguburan, dan penghormatan terhadap almarhum, dan memberikan sertifikat kematian,” bebernya.

Al-Jalajel juga mengungkapkan bahwa tenaga kesehatan banyak menangani kasus tekanan panas pada musim haji tahun ini dan beberapa orang saat ini masih dirawat.

Baca Juga : Tiga Putra Sulsel Bertemu Mantan Wali Kota Makkah, Hasrullah: Kami Gagas KKN Internasional

Ia juga menekankan musim haji berakhir dengan sukses tanpa tercatat adanya wabah epidemi atau penyakit yang meluas.

Selama musim haji, petugas kesehatan Arab Saudi memberikan 465.000 layanan perawatan khusus, termasuk 141.000 layanan bagi mereka yang tidak mengantongi tasreh untuk menunaikan ibadah haji. Petugas medis juga memberikan 1,3 juta layanan pencegahan.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda