Logo Harian.news

Berantas Bullying di Kalangan Pelajar, FISIP Unhas Gelar Workshop Anti Perundungan

Editor : Gita Minggu, 30 Juni 2024 10:40
Berantas Bullying di Kalangan Pelajar,  FISIP Unhas Gelar Workshop Anti Perundungan

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Demi memberantas bullying di kalangan remaja atau pelajar sekolah, Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (FISIP Unhas) mengadakan workshop anti-perundungan.

Kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan karakter belajar positif di kalangan anak sekolah agar tidak terjadi bullying.

Workshop bertajuk “Penguatan Peran OSIS dalam Upaya Pencegahan Bullying di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gowa” berlangsung di Baruga Karaeng Pattingaloang, Kantor Bupati Gowa, Sungguminasa, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Baca Juga : Juga ke Pelaku, Dampak Negatif Bullying tak Hanya kepada Korban

“Workshop ini adalah bagian dari program sosial Unhas untuk mengembangkan karakter positif pelajar, terutama dalam pencegahan perundungan dan perpeloncoan,” kata dosen Sosiologi FISIP Unhas, Dr. Nuvida RAF MSi, dalam keterangannya yang diterima IDenesia, Sabtu, 29 Juni 2024.

Nuvida menjelaskan pihaknya sengaja mengundang guru-guru dari sekolah menengah pertama dan ketua-ketua OSIS SMP se-Kabupaten Gowa, guna memberi pencerahan agar mengurai perundungan di wilayah sekolah.

“OSIS SMP sengaja dilibatkan agar mereka bisa menjadi jembatan antara siswa dengan sekolah, sehingga masalah-masalah perundungan bisa dicegah sekaligus diatasi,” tambahnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Sesalkan Respons Kepsek SMPN 4 Makassar Soal Perundungan Siswa Difabel di Lingkup Sekolah

Dia menegaskan, diharapkan setelah workshop ini, peserta terlibat aktif menciptakan iklim pendidikan yang sehat dan bebas kekerasan di lingkungan sekolah mereka.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa ini diselenggarakan oleh tim PKM LPPM dari Departemen Sosiologi yang diketuai oleh Arini Enar Lestari AR S.Pd M.Sos, dengan anggota tim Dr. Nuvida RAF MA, Dr. Ria Renita Abbas M.Si, Adnan Kasogi S.Sos M.Si, dan Dr. Andi Ahmad Hasan Tenriliweng S.ST, M.Si.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda