Logo Harian.news

Berikut 5 Rekomendasi Wisata Religi yang Wajib Dikunjungi di Kota Makassar

Editor : Gita Senin, 01 April 2024 22:15
Masjid 99 Kubah salah satu wisata religi di Makassar. (Foto; google)
Masjid 99 Kubah salah satu wisata religi di Makassar. (Foto; google)
Oleh: Amelia Regita Cahyani, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Berkunjung ke tempat wisata religi di Kota Makassar bisa menjadi aktivitas anda selama mengisi libur lebaran idulfitri 1445 hijriah. Banyak rekomendasi tempat wisata religi yang bisa anda kunjungi seperti masjid, pura, gereja, vihara, hingga klenteng.

Destinasi wisata spiritual bagi pengunjung Kota Makassar juga dapat dinikmati saat bertakhir pekan. Banyak spot foto yang bisa dijadikan tempat mengabadikan momen istimewa bersama keluarga, teman dan pasangan.

Baca Juga : Arus Balik Mudik, Tiket Pesawat Makassar-Kendari Tembus Rp 4 Juta

Untuk itu, kami akan merekomendasikan wisata religi Islam di Kota Makassar yang dapat dikunjungi masyarakat umum ketika ingin menikmati hari libur.

1. Wisata Religi, Mesjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar salah satu rekomendasi wisata religi di Makassar. (Foto: Instagram)

Baca Juga : Update, BMKG Prediksi Hari Idulfitri Makassar akan Diwarnai Hujan Ringan

Masjid Raya Makassar berlokasi di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini dibangun sejak 1984 dengan bangunan yang megah dan menawan menyerupai masjid-masjid di Timur Tengah.

Ornamen dan bentuk masjid ini menggunakan sentuhan arsitektur mediteranian. Masjid Raya Makassar memiliki tiga warna dasar, yakni krem, hijau, dan hitam.

Masjid raya kebanggaan muslim Makassar ini menjadi tempat dilaksanakannya untuk pertama kali perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada tahun pada 1955 silam.

Baca Juga : Hotel Mercure Hadirkan Promo Spesial di Moment Libur dan Lebaran Idulfitri 1445 H

Daya tarik lainnya adalah keberadaan Al-Qur’an Raksasa berukuran 1×1,5 meter persegi dengan berat 584 Kilogram. Al-Qur’an raksasa ini di tulis oleh KH Ahmad Faqih .

Al Quran raksasa di Masjid Raya Makassar ini menjadi salah satu obyek wisata religi umat Islam sejak 26 Agustus 2009.

2. Wisata Religi, Mesjid Al-Markaz Al-Islami Makassar

Baca Juga : Hotel Claro Bakal Menggelar Salat Idulfitri 1445 H pada 10 April Mendatang

Masjid Al Markaz salah satu wisata religi di Makassar. (Foto: Instagram)

Mesjid Al Markaz Al Islami merupakan mesjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara yang berlokasi di Jalan Masjid Raya Nomor 57, Timungan Lompoa, Bontoala, Makassar. Mesjid yang pembangunannya dimulai pada tahun 1994 ini menjadi pusat keagamaan Islam di Makassar.

Masjid megah ini dirancang oleh arsitek yang telah menggawangi pembuatan berbagai masjid besar, Ir. Ahmad Nu’man. Arsitekturnya terinspirasi dari Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Meskipun begitu, bentuk masjid tidak melupakan unsur arsitektur khas Sulawesi Selatan. Hal ini terlihat dari atap berbentuk kuncup segi empat yang mengambil ilham dari Masjid Katangka, Gowa masjid tertua di Sulawesi Selatan dan rumah Bugis-Makassar pada umumnya.

Selain Sebagai tempat ibadah, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati fasilitas yang disediakan di mesjid ini seperti perpustakaan, toko, taman dan ruang belajar (TK TPA/ Madrasah). Mesjid ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata religi ketika berkunjung ke kota Makassar.

3. Wisata Religi, Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah salah satu wisata religi di Makassar. (Foto; google)

Masjid 99 Kubah dirancang oleh Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Mesjid ini berlokasi di kawasan reklemasi Center Poin Of Indonesia (CPI). Mesjid ini terlihat dengan jelas dari anjungan Pantai Losari.

Sesuai dengan namanya mesjid ini memiliki 99 kubah yang mengikuti jumlah Asmaul Husna. Kubah – kubah tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri dari masjid yang satu ini.

Selama Ramadhan, masjid ini menjadi wisata religi unggulan masyarakat di kota Makassar. Selain menjadi tempat ibadah masyarakat banyak yang datang karna Letaknya yang berada di pesisir pantai menjadi poin lebih bagi bangunan ini terutama di kala matahari terbenam, masjid ini akan terlihat sangat menawan dan mewah dengan warna jingga yang mendominasi.

4. Wisata Religi, Mesjid Muhammad Cheng Hoo

masjid Cheng Hoo salah saru wisata religi di Makassar. (Foto: Pinteres)

Masjid ini bergaya khas Tionghoa dijadikan lokasi wisata religi selama bulan suci Ramadan di Makassar. Berlokasi di Jl. Danau Tj. Bunga, Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Nama Masjid Muhammad Cheng Hoo sendiri diambil seperti masjid Cheng Hoo pada umumnya. Yakni untuk menghormati Laksmana Cheng Ho yang merupakan panglima dari negeri China yang berdakwa di tanah Makassar.

Arsitektur mesjid ini memadukan nuansa Timur Tengah dan China serta perpaduan budaya Bugis Makassar. Seakan menjadi daya tarik bagi warga muslim untuk beribadah di tempat ini.

5. Masjid Alfatih Al Anshar

Masjid Alfatih Al Anshar salah satu rekomendasi wisata religi di Makassar. (Foto: Dunia Masjid)

Masjid ini berlokasi di Jalan Paccinang Raya Nomor 58-60, Tello Baru, Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Masjid ini tak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah besar ataupun menara yang menjulang tinggi, tapi masjid ini memiliki keunikan tersendiri yang tak dimilki masjid lain. Masjid Alfatih Al Anshar memiliki salah satu sudut yang dibentuk menyerupai bangunan suci di Kota Makkah, Kakbah.

Masjid berkonsep Kakbah ini dilengkapi lafaz Allah yang ada di dinding Kakbah, tak ketinggalan sebuah hajar aswad juga nampak menempel di sudut bangunan Masjid Kakbah dan menjadi keunikan tersendiri Masjid Kakbah. Tidak heran jika banyak warga Makassar yang datang beribadah sekaligus berfoto untuk mengobati rindunya ke tanah suci mekah.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : Citizen Journalizm

Follow Social Media Kami

KomentarAnda