Logo Harian.news

Berpihak pada Hak-Hak Perempuan, Puan Diganjar RM Award

Editor : Redaksi Kamis, 29 September 2022 14:23
Puan Maharani bersama mahasiswa di Pantai Pandawa, Kab.Badung, Bali. Dok. Twitter Puan Maharani.
Puan Maharani bersama mahasiswa di Pantai Pandawa, Kab.Badung, Bali. Dok. Twitter Puan Maharani.

JAKARTA, HARIANEWS.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani meraih penghargaan dari Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Inspirator Perempuan Indonesia”. Selain diberikan Ketua DPR, penghargaan yang diselenggarakan di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Rabu (28/09/2022) malam, juga diberikan kepada 30 tokoh lainnya.

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran, dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Dalam pengantarnya, Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari dua tahun ini membawa banyak dampak dan perubahan terhadap kondisi kesehatan, sosial, perekonomian, hingga pertahanan dan keamanan.

Baca Juga : Rencana Pertemuan Prabowo-Puan Buat Redam Situasi Politik, Hak Angket Bakal Gagal?

Di tengah kondisi ini, Puan Maharani tetap fokus dalam memimpin salah satu pilar demokrasi Indonesia, DPR. Ketua DPR perempuan pertama di Indonesia dapat menjalankan seluruh tugas dan fungsi lembaga perwakilan rakyat di tengah pandemi Covid-19. Kiprahnya sungguh menjadi inspirasi kaum perempuan di negeri ini.

Di bidang legislatif, Puan memimpin pengesahan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (12/4). Kehadiran UU itu menjadi salah satu bukti peran dan keberpihakan Puan kepada kaum perempuan Indonesia.

Beberapa organisasi perempuan pun turut hadir untuk menyaksikan pengesahan UU TPKS dan berterima kasih karena Puan telah merealisasikan komitmennya. Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini mengawal dinamika RUU TPKS sejak pertama kali diusulkan pada 2016, dan menjadi salah satu tokoh yang memperjuangkan agar UU TPKS disahkan.

Baca Juga : Fakta PDIP di Jateng: Menang 8 Dapil, tapi Ganjar-Mahfud Kalah

Selain bidang legislatif, kiprah Puan dalam menjalankan fungsi pengawasan dan anggaran DPR juga sangat optimal di tengah pandemi Covid-19. Ia membawa DPR dan Pemerintah bersinergi secara baik, dalam menangani berbagai dampak dan persoalan yang terjadi.

Kiki juga menyatakan jika tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Baca Juga : Ketua DPR RI Puan Maharani Absen di Sidang Paripurna

Penghargaan yang diberikan kepada sejumlah tokoh ditekankan dia telah melalui serangkaian pembahasan. Tim riset Rakyat Merdeka, melakukan banyak sekali penelaahan. Dimana tim bekerja selama tiga bulan, merujuk kepada data institusi resmi yang kredibel, referensi hasil survei sejumlah lembaga dan analisis berbagai sumber terpercaya.

“Semoga penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022, untuk Indonesia Pulih & Bangkit, menjadi penguat dan penyemangat untuk terus bekerja demi Indonesia kita tercinta,” kata Kiki melalui rilisnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda