Logo Harian.news

Bertemu Danny, Pj Bupati Jeneponto Buka Peluang Kerja Sama Bidang Ekonomi dengan Pemkot Makassar

Editor : Rasdianah Senin, 01 April 2024 17:31
PJ Bupati Jeneponto Junaedi Bakri saat menemui Dani Pomanto di Kediamannya di Jln Amirullah, Foto: dok Humas Kominfo Jeneponto
PJ Bupati Jeneponto Junaedi Bakri saat menemui Dani Pomanto di Kediamannya di Jln Amirullah, Foto: dok Humas Kominfo Jeneponto

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri melakukan lawatan ke Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di kediamannya Jl Amirrullah, Minggu (31/3/2024) kemarin.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Edi, sapaan Pj Bupati Jeneponto, memberikan gambaran umum potensi daerah Jeneponto kepada Wali Kota Makassar beserta jajaran.

“Sesuatu yang tidak bisa dimungkiri bahwa potensi daerah Kabupaten Jeneponto yang dijuluki Turatea, sangat paripurna mulai dari potensi hasil perikanan, di mana terdapat pesisir yang membentang dari timur kebarat sekitar 114 Km, serta potensi hasil-hasil pertanian tanaman pangan yang tersebar di 11 Kecamatan termasuk tanaman hortikultura yang memang selama ini mensuplay beberapa daerah khususnya Kota Makassar bahkan hingga keluar pulau Sulawesi,” ujar Edi.

Baca Juga : Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan, Pemkot Makassar Mulai Gunakan KKPD

Akan tetapi, lanjutnya, jika kita melihat data BPS, Kabupaten ini masih memiliki PR (pekerjaan rumah, red), pertumbuhan ekonomi yang rendah hanya sekitar 1,9%, serta angka kemiskinan yang masih relatif tinggi termasuh angka stunting termasuk IPM yang masih perlu dipacu kecepatan tumbuhnya.

“Menyelesaikan persoalan sosial dan ekonomi yang ada di daerah ini, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah kita membuka diri, dengan cara mewujudkan kerja sama antardaerah,” ujarnya.

Pemerintah, kata Edi, tidak boleh membiarkan para petani dan pedagang khususnya pelaku UMKM bekerja sendiri.

Baca Juga : Larangan Parkir di Bahu Jalan Protokol kembali Berlaku, Dishub Makassar Jaring 16 Kendaraan

“Kita ini harus ada keberpihakan karena kegiatan usaha merekalah yang memberikan andil terbesar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Jeneponto” terang Edi.

Bagai gayung bersambut Danny, sapaan Wali Kota Makassar, menyambut baik apa yang menjadi harapan Pemkab Jeneponto.

“Inimi yang begini saya tunggu-tunggu, Pemkot ini banyak-banyak kerja sama keluar negeri ji, padahal ada potensi kerja sama antardaerah yang bisa saling memperkuat kedua daerah yang bekerjasama” ujar Danny.

Baca Juga : Pekan Depan, Pemkot Makassar Bakal Lantik 1.851 PPPK Formasi Guru

Danny juga menyebut, dalam beberapa kunjungan resminya ke berbagai negara dengan jamuan menu, hidangannya rata-rata ada di Jeneponto dan hal ini sangat potensi untuk dikembangkan.

Lebih lanjut Danny, menambahkan bahwa warga Kota Makassar sebagian besar dari Jeneponto sehingga, Ia berharap hubungan emosional dan kerja sama dengan Pemkab Jeneponto akan terus yang terbangun.

“Kerja sama ini sudah lama, untuk itu guna mensupport petani, nelayan dan pelaku UMKM Jeneponto, Saya akan membangun gudang untuk menampung produk-produk bahan pangan starategis dari Jeneponto, yang akan dikerjasamakan dengan Perusda Kota Makassar,” ujar Danny.

Baca Juga : Berhasil Selamatkan PSU Terbanyak, Pemkot Makassar Raih Penghargaan KPK

Turut hadir dalam pertemuan tersebut pejabat dari Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov Sulsel Drs Abd Azis Bennu.

(ASWIN)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : ASWIN

Follow Social Media Kami

KomentarAnda