Logo Harian.news

Danny Pomanto Optimistis Manggala Wakili Sulsel dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

Editor : Rasdianah Rabu, 26 Juni 2024 13:02
Suasana tim verifikasi lomba kelurahan. Foto: HN/Sinta
Suasana tim verifikasi lomba kelurahan. Foto: HN/Sinta

Danny Pomanto Optimis Manggala Wakili Sulsel Dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional 2024

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, optimistis Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar dapat menjadi perwakilan Provinsi Sulsel dalam lomba prestasi kelurahan tingkat nasional 2024 nantinya.

“Kemarin hanya juara dua, karena terintegrasi dengan program provinsi yang tidak terlalu kuat. Pada prinsipnya program di kota bagus, cuma kan itu harus tersistem,” ujar Danny, sapaan Ramdhan, setelah menerima tim penilai lomba kelurusan, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga : Helmy Pastikan Proyek Metro Kapsul Tidak Terkendala Pergantian Pemimpin

Kata Danny, pihaknya telah melakukan evaluasi terkait persoalan yang menjadi kelemahan pada lomba lalu, selain itu sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemkot Makassar semakin erat terjalin.

“Pastinya kita yakin sekarang jauh lebih bagus, provinsi hari ini hadir seperti Ibu PKK Sulsel luar biasa ya. Karena coba lihat, ndak pernah itu ibu Gubernur ikut penilaian tapi hari ini hadir di Kelurahan Manggala, ini luar biasa,” puji Danny.

Selain itu, Danny juga mengatakan pihaknya telah mempersiapkan ini dengan matang.

Baca Juga : Gelar MIF, Danny Pomanto Ajak Investor Asing Tanam Modal di Makassar

‘Dengan adanya program lorong wisata (longwis) turut membantu pencapaian kelurahan yang mana setiap tahunnya jumlahnya terus bertambah,” kata Danny.

Ia merincikan, pada 2022 tercatat ada 1.096 longwis dan 2023 bertambah sebanyak 992, sehingga total hingga pertengahan tahun 2023, ada 2.088 longwis yang tersebar di 15 kecamatan se-Kota Makassar.

“Kalau sekarang 2024 sudah lebih dari 8000-an longwis yang tersebar di seluruh Kota Makassar, kalau di TV sering kita lihat Makassar sering berkelahi di lorong-lorong sekarang tidak lagi,” terangnya.

Baca Juga : Baru Diteken, Proyek Metro Kapsul Kota Makassar Target Grounbreking 2027

“Lorong sekarang difungsikan sebagai tempat bertumbuhnya UMKM dan sel terbaik di kota Makassar,” tambahnya.

Tak hanya itu, Makassar juga memiliki program mitigasi sosial di mana setiap lorong dipenuhi sekitar 7.000 CCTV yang terkontrol langsung.

Apalagi, fasilitas tingkat kelurahan di Manggala terbilang lengkap, seperti adanya perpustakaan, shelter warga, konsultasi, pendampingan, mediasi, bantuan hukum, rumah aman, rumah batik, puspaga, sekretariat PKK, Posyandu, tanggap bencana dan sebagainya.

Baca Juga : Berjuang Selamatkan SD Pajjaiang, Pemkot Makassar Bakal Ajukan Bukti Baru ke Pengadilan

“Jadi tentu saja Kami yakin kalau menang, pastinya Makassar tidak pakasiri’ki semua kalau wakili Susel ke nasional,” tandasnya.

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda