Logo Harian.news

Diskominfo Lakukan Pemerataan Jaringan, Sasar Beberapa Pulau di Makassar

Editor : Gita Selasa, 04 Juni 2024 20:37
Diskominfomks saat melakukan pendataan dan monitoring di pulau Samalona, foto: dok
Diskominfomks saat melakukan pendataan dan monitoring di pulau Samalona, foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Makassar memastikan pemerataan jaringan di wilayah kepulauan dengan melakukan monitoring langsung ke sejumlah pulau di Kota Makassar.

Kepala Bidang Aplikasi Kominfo Makassar Andi Zulkarnain mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan dan monitoring jaringan di Pulau Kodingareng dan Pulau Samalona.

“Dengan langkah ini Kominfo Makassar berupaya memastikan bahwa seluruh wilayah di Kecamatan Sangkarrang mendapatkan akses komunikasi yang memadai,” urai Zulkarnain saat di konfirmasi, selasa (3/6/2024).

Baca Juga : DWP FIKP Unhas Raker di Pulau, Langsung Jalankan Proker

“Jadi Pekan lalu itu kita (Diskominfo Makassar) juga sudah lakukan kegiatan serupa di Pulau Barrang Lompoa dan Barrang Caddi,” tambahnya

Hal tersebut kata Zulkarnai, bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan jaringan seperti lemah sinyal dan blankspot, hingga pendataan sebagai dasar pengajuan ke Kementrian Komunikasi dan Infomasi (Kemkominfo) agar infrastruktur jaringan di kepulauan segera dibangun.

“Setelah pendataan ini, kita akan kirim ke pusat (Kemkominfo), kalau sudah disetujui dan akan dilakukan kelengkapan infrastruktur jaringan di semua pulau, kita ingin semua memiliki pemerataan,” katanya.

Ketua RT Pulau Samalona, Kamaruddin mengatakan, bahwa kedatangan Pemerintah Kota Makassar menjadi angin segar demi kelancaran komunikasi warganya serta pulau tersebut juga merupakan destinasi wisata yang banyak diminati.

“Membawa kabar baïk, artinya pemerintah kota memperhatikan. Selain memudahkan komunikasi kami dan anak-anak yang sekolah online (daring), ini juga merupakan tempat wisata yang sering didatangi dan pasti sangat berguna bagi pengunjung,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Kodingareng, Rugayya menuturkan, adanya ketersediaan jaringan yang memadai dapat membantu berbagai aktivitas masyarakat di wilayah pulau.

“Meski sudah ada satu provider, tapi jaringan di sini kadang bagus, lambat dan mati total. Jadi kedatangan Kominfo Makassar kami sangat apresiasi, sesuai perkembangan zaman sekarang tentu kemudahan teknologi komunikasi sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

“Untuk layanan pemerintahan, aktivitas di sekolah dan apa lagi di sini banyak UMKM-UMKM kecil yang menggantungkan pendapatannya itu dari cara menjual secara online, digital begitu,” lanjutnya lagi.

Langkah ini merupakan upaya Pemerintah Kota Makassar untuk memastikan pemerataan dan ketersediaan akses komunikasi yang memadai hingga ke wilayah kepulauan.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda