Logo Harian.news

Diskominfo Sinjai Sosialisasi Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

Editor : Biro Senin, 24 Juni 2024 14:38
Diskominfo Sinjai Sosialisasi Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

SINJAI-Arsitektur dan peta rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) disosialisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) dan Persandian di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (24/6/2024) pagi.

Sosialisasi arsitektur dan peta rencana SPBE, ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Jefrianto Asapa dengan menghadirkan narasumber Digitama Consulting, yakni, Pradiptya Setyahadi, dan Dwi Rahmawati.

Kepada Dinas Kominfo dan Persandian, Dr. Mansyur menyampaikan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang arsitektur dan peta rencana SPBE Kabupaten Sinjai.

Baca Juga : Evaluasi Kinerja Triwulan III di Kemendagri, Ini yang Dipaparkan Pj Bupati Sinjai

Selain itu, untuk memastikan keselarasan dan keterpaduan dalam pelaksanaan SPBE di seluruh OPD lingkup pemerintah daerah kabupaten Sinjai.

Apalagi dikatakan Dr. Mansyur, berdasarkan peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik, setiap instansi pemerintah wajib menyusun dan menerapkan SPBE.

Sementara itu, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengungkapkan SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung proses penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Baca Juga : Ratusan Relawan KSB di Kukuhkan TR Fahsul Falah

Sehingga untuk mendukung pelaksanaan SPBE di Kabupaten Sinjai, perlu disusun arsitektur dan peta rencana SPBE.

“Arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang menggambarkan penyelenggaraan SPBE secara menyeluruh, mulai dari perencanaan, pembangunan, implementasi, operasi, hingga pemanfaatan. Sedangkan peta rencana SPBE merupakan dokumen yang memuat strategi dan arah pengembangan SPBE dalam jangka waktu tertentu,” ungkapnya.

Sosialisasi ini dihadiri, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Andi Irwan Syahrani Yusuf, Asisten Administrasi Umum Andi Ariany Djalil, Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Andi Mandasini, serta Kepala OPD, para Kabag dan Camat.(BGS)

Baca Juga : Pemkab Sinjai Lakukan Penyusunan Master Plan Drainase Bersama LPPM Unhas dan

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda