Logo Harian.news

Dosen Feb Unismuh Makassar Teliti Soal Narsisme dan Job Stressor Terhadap Produktivitas Kerja

Editor : Gita Rabu, 08 Mei 2024 18:29
Dosen Peneliti Feb Unismuh Makassar. (Foto: dok)
Dosen Peneliti Feb Unismuh Makassar. (Foto: dok)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dosen peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Feb) Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan penelitian HIBAH RISETMU Batch VII yang berjudul “Positif Perspektif: Peran Narsisme dan Job Stressor Terhadap Produktivitas Kerja pada Universitas Muhammadiyah Makassar”.

Penelitian ini terdiri dari tiga orang, yakni Sitti Marhumi,SE.,MM sebagai Ketua Tim, lalu Nurinaya, ST.,MM dan Fitri Amalia sebagai anggota.

Kepada harian.news, Sitti Marhumi mengatakan alasannya melakukan penelitian dengan topik perilaku.

Baca Juga : Resmi Bersaing di Pasar Otomotif Makassar, Begini Spesifikasi All-New Citroen C3 Aircross SUV

“Topik perilaku sudah banyak dilakukan tetapi tidak banyak yang melakukan pengujian secara komprehensif. Tuntutan kerja yang begitu tinggi, tingkat stress kerja meningkat tapi tidak diikuti dengan iklim lingkungan kerja yang kondusif dapat mempengaruhi produktivitas seseorang,” jelasnya, Rabu (08/05/2024).

Kata Sitti, penelitian ini sangat penting mengingat produktivitas kerja menjadi tuntutan khususnya bagi prodi-prodi sebagai driver pengembangan dan kemajuan sebuah prodi.

“Apalagi prodi memiliki waktu kerja yang sangat ekstrim tidak jarang menyebabkan sebagian individu stress dan sakit,” bebernya.

Baca Juga : Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah, Prodi Komunikasi Unismuh Datangkan Dosen dari Universitas Kebangsaan Malaysia

Selanjutnya, ia menuturkan jika penelitian ini lebih menekankan narsisme pada persepsian negatif dan menggunakan data sekunder. Selain itu, ia juga mencoba mengkontruksi dimensi lain dari narsisme ke persepsi yang positif (citra yang positif) yang bisa merangsang produktivitas kerja baik secara individual maupun produktivitas kerja lingkungan sekitar.

Disisi lain penelitian ini berkontribusi pada keilmuan khususnya pada bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang kita tahu bahwa SDM merupakan asset yang berharga bagi sebuah organisasi.

Adapun tujuan dalam penelitian ini difokuskan pada dua hal, yaitu mendapatkan bukti empiris pengaruh narsisme dan job stressor terhadap produktivitas kerja.

Baca Juga : NasDem Siap Menangkan Rudal di Pilwalkot Makassar: Sudah Bentuk Tim Sukses

Untuk mengecek kecenderungan perilaku narsis bernilai negatif atau positif dalam produktivitas kerja. Penelitian dianalisis menggunakan software SPSS for windows 24.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda