Logo Harian.news

DP2 Kota Makassar Prediksi Permintaaan Hewan Kurban 2024 Naik 20 Persen

Editor : Rasdianah Jumat, 07 Juni 2024 19:45
Kepala DP2 kota Makassar Evi Aprialti. Foto: HN/Sinta
Kepala DP2 kota Makassar Evi Aprialti. Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar memprediksi permintaan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1445 H meningkat 20 persen dibandingkan tahun lalu.

“Kalau lihat kondisi sekarang pasti naik, antara 10 sampai 20 persen naiknya,” ujar Kepala DP2 Kota Makassar, Evi Aprialti kepada awak media, Jumat (7/6/2024).

Kata Evi, kenaikan tersebut karena minat masyarakat Kota Makassar terus menunjukkan trend yang sangat positif setiap tahunnya.

Baca Juga : Jelang Iduladha, DP2 Makassar Temukan Ratusan Ekor Hewan Kurban tak Layak Potong

Evy menyebutkan, hal ini juga dipengaruhi karena tidak lagi pandemi yang mempengaruhi ekonomi masyarakat.

“Setiap tahun pasti naik, dari tahun 2022 saya melihat kenaikan itu, kemarin (2023) saja kita sekitar 5 ribu ekor. jadi memang lebih karena ini masih beberapa hari, sudah banyak pembelinya, kalau tidak salah itu sudah 100an di Rumah Potong Hewan (RPH),” paparnya.

Melihat peningkatan minat hewan kurban tersebut, pihaknya akan semakin memperketat pemeriksaaan dan membentuk tim pemantauan hewan sejak Mei 2024 lalu.

Baca Juga : Pastikan Sesuai Standar MUI, Pemkot Makassar Siapkan Ratusan Tenaga Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Tugasnya ialah mengawasi masuknya hewan kurban di lapak-lapak hewan kurban, serta melakukan pemeriksaan di Rumah pemotongan hewan (RPH) Kota Makassar.

“Jadi nanti kita ada 3 posko untuk mengecek lalulintas ternak yang ada di Kota Makassar, pertama di perbatasan Gowa Makassar, Perbatasan bagian Maros dan perbatasan Takalar, selain itukan kita turun untuk cek kesehatan hewan,” tandasnya.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda