Logo Harian.news

Dugaan Kasus Korupsi, LPK Sulsel Resmi Laporkan Kadinkes Jeneponto

Editor : Rasdianah Senin, 05 Februari 2024 12:33
Ketua LPK Sulsel saat melaporkan Kadinkes ke kejari Jeneponto, Senin (5/2/2024). Foto: dok
Ketua LPK Sulsel saat melaporkan Kadinkes ke kejari Jeneponto, Senin (5/2/2024). Foto: dok

HARIAN.NEWS, JENEPONTO – Lembaga pemberantas korupsi (LPK) Sulawesi Selatan resmi melaporkan Kepala dinas kesehatan Kabupaten Jeneponto ke Aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Jeneponto

Hal itu berdasarkan dari analisis dari tim LPK Sulsel bahwa ada dugaan tindak pidana korupsi pada belanja barang dan jasa senilai atau sekitar Rp 107,9 miliar, belanja modal peralatan dan mesin senilai Rp 10, 6 miliar, dan belanja modal gedung dan bangunan senilai 254 Juta di tahun anggaran 2022.

Ketua LPK Sulsel Hasan Anwar mengatakan bahwa berdasarkan dari kerja tim pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket)diatas terjadi perubahan anggaran yang cukup signifikan sebelum dan sesudah pembelanjaan anggaran belanja pada lingkup dinas kesehatan tahun anggaran 2022.

Baca Juga : Silaturahmi ke PJ Bupati Jeneponto, LPK Soroti Pengelolaan DAU Earmark TA 2023

“Sebelum penganggaran barang dan jasa senilai Rp 107 miliar lebih dan setelah mengalami perubahan anggaran tersebut naik menjadi Rp 115 miliar lebih, sedangkan belanja modal peralatan dan mesin senilai Rp 10 miliar lebih naik menjadi Rp 11 Miliar lebih,” ujar Hasan kepada harian.news usai melakukan pelaporan di kantor Kejaksaan, Senin (5/2/2024).

“Sementara untuk pembangunan modal belanja gedung Rp 254 juta lebih dan setelah mengalami perubahan anggaran anggaran naik menjadi R 9 miliar lebih,” lanjut Hasan merinci temuan LPK.

Pihaknya berharap kepada kepala kejaksaan negeri Jeneponto agar memeriksa pihak terkait yang terlibat dalam pengelolaan anggaran Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto

Baca Juga : Soal Polemik Bangunan Kantor Lurah Tolo Barat, Kejari Jeneponto: Kami akan Kroscek

“Saya berharap agar laporan kami segera diproses untuk menyelamatkan keuangan negara, laporan kami diterima oleh petugas PTSP Kejari Jeneponto Gina Ayu Amelia,” pungkasnya

Sebelumnya LPK Sulsel juga telah melaporkan mantan Kabid SMP Dinas pendidikan dalam hal ini (SR), terkait anggaran pengadaan perlengkapan sekolah SMP yang mencapai lebih dari Rp. 3 Miliar yang bersumber dari dana alokasi umum (Dau) Earmark tahun anggaran 2023.

Hingga berita ini diturunkan, harian.news belum berhasil mengonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto terkait laporan LPK Sulsel ini.

Baca Juga : Santai Bersama Warga, Kejari Jeneponto Sosialisasikan Program Balla Aspirasi

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : ASWIN

Follow Social Media Kami

KomentarAnda