Logo Harian.news

Erick Thohir Minta CSR BUMN Sasar 3 Bidang Ini

Editor : Redaksi Rabu, 21 September 2022 10:40
Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis.
Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis.

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) akan mengakselerasi sekitar 54 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Binaan di Kota Makassar dengan menggelar berbagai pelatihan.

Hal itu terungkap saat Pelindo bersama dengan Unhas melakukan pertemuan dan sosialisasi kepada UMKM Binaan, yang berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4, Senin (19 September 2022).

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, pihaknya sangat senang bisa bertemu langsung dengan UMKM Binaan Pelindo terutama yang berada di Regional 4.

Baca Juga : Kemenlu RI Gandeng Beberapa Pihak Sepakati Rencana Kontingensi dan Finansial Luar Negeri

“Terima kasih selama ini sudah menjadi mitra bagi Pelindo di Regional 4,” katanya.

Dia menuturkan bahwa dalam penyaluran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL pihaknya selalu mengacu pada arahan Kementerian BUMN untuk memprioritaskan UMKM.

“Sebagaimana arahan Menteri BUMN Erick Thorir yang menyatakan bahwa program TJSL atau CSR BUMN diharapkan dapat fokus dan berdampak positif pada 3 bidang, yaitu pendidikan, pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan lingkungan.”

Baca Juga : Priiit! Kontrak Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Diperpanjang

“Kami senang bisa membantu UMKM. Mudah-mudahan kerja sama Pelindo, Unhas dan UMKM tidak berhenti sampai di sini. Semoga dengan bantuan Unhas, usaha yang dijalankan para pelaku UMKM Binaan Pelindo bisa lebih berkembang lagi,” ujarnya.

“Semoga UMKM bisa mendapat manfaat dari Pelindo, dan sebaliknya kami [Pelindo] juga senang membantu UMKM,” tambah Enriany.

Kepala Sub Direktorat Inkubator & Startup Unhas, Suhasman menuturkan bahwa kerja sama yang dilakukan pihaknya saat ini merupakan kolaborasi triple helix.

Baca Juga : Ketika Hakim MK Tanya 4 Menteri: Jokowi Bagikan Bansos di Depan Istana, Itu Bansos Apa?

“Karena ada Pelindo, kampus, dan komponen masyarakat selaku pelaku usaha,” tuturnya.

Kerja sama ini merupakan kolaborasi mitra yang baik sebab bisa saling mengisi. “Melalui kompetensi kita yang berbeda-beda jadi bisa saling berbagi ilmu dan pengetahuan masing-masing. Ini merupakan kolaborasi untuk bisa saling menguatkan dan memajukan.”

“Terima kasih kepada Pelindo terutama untuk kerja sama ini. Hal-hal seperti inilah yang seharusnya terus kita bangun bersama untuk bersama-sama kita pulih dan bangkit,” ucap Suhasman.

Baca Juga : Pelindo Jasa Maritim Sandarkan MS Coral Geographer di Pelabuhan Makassar

Sementara itu, Division Head SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam mengatakan, tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dan hambatan para UMKM Binaan dalam menjalankan usahanya selama ini.

“Selain itu kami juga ingin mendata UMKM Binaan khususnya yang memiliki usaha makanan dan minuman, untuk dapat mengikuti pelatihan sertifikasi halal dan pelatihan lainnya yang akan diberikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhas,” sebut Basri Alam.

Menurut dia, pelatihan yang diberikan akan difasilitasi oleh pihak Unhas, melalui program akselerasi bisnis UMKM Pelindo yang diketuai oleh Andi Nur Baumassepe Mappanyompa.

“Di mana sertifikasi halal ini merupakan salah satu program komitmen TJSL BUMN dalam pengembangan UKM,” tukas Basri Alam.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda