Logo Harian.news

Gelar Rapat Paripurna, DPRD Serahkan Resmi 5 Perda ke Pemkab Sinjai

Editor : Rasdianah Senin, 05 Februari 2024 19:42
Rapat paripurna DPRD Sinjai. Foto: harian.news/bagoes
Rapat paripurna DPRD Sinjai. Foto: harian.news/bagoes

HARIAN.NEWS, SINJAI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai menggelar rapat paripurna terkait penyerahan rancangan Perda menjadi Peraturan Daerah. Bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Sinjai, Senin (5/2/2024).

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Jamaluddin mengatakan ada lima Peraturan Daerah (Perda) yang diserahkan pada hari ini, yaitu Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok; Perda tentang Penetapan Nama Kecamatan, Kelurahan dan Desa; Perda Keolahragaan; Perda tentang Pembinaan Jasa Konstruksi; serta Perda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha.

Pj. Bupati Sinjai, Fashul Falah mengatakan dengan lahirnya Perda ini akan memberikan landasan hukum terhadap berbagai urusan kewenangan pemerintahan daerah secara formal.

Baca Juga : Kabupaten Dapat Predikat Baik Penerapan SPBE, Pj Bupati Sinjai : Ini Sebagai Dorongan Agar Lebih Bagus Lagi

“Dan menjadi landasan operasional perangkat daerah dalam pelaksana tugas dan fungsi dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat terkait dengan 5 (lima) Perda yang ditetapkan pada hari ini,” ujar Fashul, Senin.

Ia menambahkan, pihaknya menyadari bahwa selama proses pembahasan 5 Ranperda memunculkan dinamika dalam pembahasannya, perbedaan pendapat dan pandangan serta pemahaman.

“Namun perbedaan perspektif yang terjadi dalam pembahasan sama-sama bertujuan untuk melahirkan Perda yang baik dan menjadi bahagian dari pelaksanaan tugas, amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga : Pj Bupati Sinjai Pamer Cerutu Hasil Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan ke Itjen Kemendagri

Lanjutnya, sebagai Pj. Bupati Sinjai memerintahkan kepada perangkat daerah terkait untuk segera melakukan perencanaan, pengkajian, penyusunan, pembahasan dan penetapan peraturan pelaksanaan teknis operasional melalui Peraturan Bupati agar 5 Perda ini bisa segera diterapkan.

Sebelum rapat paripurna ini ditutup, pimpinan rapat, Jamaluddin SH mengatakan beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 18 Januari 2024, telah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sinjai, terkait penetapan pemberhentian Ketua DPRD dan Calon Pengganti Ketua DPRD Kabupaten Sinjai berdasarkan usulan dari Partai Politik.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : BAGOES

Follow Social Media Kami

KomentarAnda