Logo Harian.news

Hadiri Istana Berbatik, Jokowi Kenakan Batik Motif Filosifis

Editor : Rasdianah Senin, 02 Oktober 2023 08:51
Foto: dok Humas Kepresidenan
Foto: dok Humas Kepresidenan

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara Istana Berbatik yang diadakan di Kompleks Istana Merdeka Jakarta, Minggu (1/10/2023) malam.

Pada momen kali ini, Presiden dan Ibu Negara mengenakan batik yang sarat akan makna filosofis. Mengutip informasi dari pihak Biro Pers Sekretariat Presiden, diketahui, Jokowi menggunakan batik bermotif Parang Barong Seling Kembang Udan Riris dan Ibu Negara menggunakan batik bermotif truntum.

“Batik motif parang barong milik Presiden bermakna memerangi. Di mana Seorang pemimpin harus berani bersikap tegas memerangi ketidakbenaran yang ada. Motif batik parang biasa dikenakan oleh para raja,” tulis siaran pers diterima, dikutip dari liputan6, Senin (2/10/2023).

Baca Juga : Infrastruktur tak Siap, Jokowi Batal Ngantor di IKN Juli 2024

“Kemudian untuk makna seling kembang udan riris mengartikan hujan gerimis yang memberikan kesejukan di tengah kondisi yang gersang/kering,” imbuh keterangan tersebut.

Selanjutnya, untuk batik dikenakan ibu negara, adalah Motif Truntum untuk bagian atasnya. dan motif parang seperti presiden dengan warna yang senada.

Diketahui, maka filosofis dari batik motif truntum adalah tumbuh kembali atau bersemi kembali atau semarak kembali. Truntum merupakan gambaran serupa kuntum, yaitu kembang di langit yang bentuknya digambarkan serupa kembang tanjung.

Baca Juga : Prabowo Sehat: Muncul di Istana Negara dengan Lari-lari Kecil dan Pamerkan Silat

“Motif batik ini kerap digunakan pengantin Jawa ini bercerita tentang harapan akan kesetiaan yang harmonis. Filosofi ini sering dinarasikan pula sebagai hubungan spiritual persona Jawa dengan Tuhannya,” jelas informasi yang dikutip terpisah.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda