Logo Harian.news

Hadiri Rakor RPJMN di Makassar, Menteri Desa PDTT Cak Halim Bahas Transmigrasi Modern Berbasis Skill

Editor : Gita Senin, 06 Mei 2024 19:24
Menteri Desa PDTT Prof Abdul Halim (Tengah baju putih) saat hadiri RPJMN di Hotel Four Point Makassar. (Foto: Gita/HN)
Menteri Desa PDTT Prof Abdul Halim (Tengah baju putih) saat hadiri RPJMN di Hotel Four Point Makassar. (Foto: Gita/HN)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) menggelar Rapat Koordinasi Transmigrasi 2024 di Hotel Four Point Makassar, Senin (06/05/2024).

Kegiatan yang bertajuk “Penuntasan Sasaran Program RPJMN 2020-2024″ ini dihadiri langsung oleh Menteri Desa PDTT Prof Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Cak Halim.

Dalam penjelasnnya, Prof Halim mengatakan jika selama ini transmigrasi secara bertahap telah memberikan perbukitan yang signifikan terhadap pemerataan pembangunan.

Baca Juga : Rumah Warga Transmigrasi di UPT Rano Mulai Rusak, Ditelantarkan?

“Jadi, sejak tahun 1905 -1950 perkembangan transmigrasi sangat baik. Kita sudah menghadirkan ribuan desa, kabupaten/kota hingga provinsi,” ucapnya.

Untuk itu, melalui rakor Transmigrasi 2024 ini, pihaknya akan mengonsolidasikan kinerja lintas instansi dalam menuntaskan target RPJMN 2O2O-2O24.

“Selain itu, juga menyinkronisasikan rencana revitalisasi kawasan dengan kebutuhan pengembangan dan arah kebijakan dari daerah,” bebernya.

Lalu, Rakor ini juga bertujuan untuk menggali peluang untuk melakukan pengembangan transmigrasi modern terkait dengan alternatif pembiayaan perumahan dan pengembangan ekonomi perikanan.

Selama perjalanannya program lain telah memindahkan, menata, dan menempatkan penduduk sebanyak kurang lebih 2,2 juta kepala keluarga atau sekitar 9,2 juta jiwa.

“Makanya kami berharap, transmigrasi ke depan harus lebih menarik berbasis skill. Lahan-lahan yang ada juga harus berbasis modern. Tidak ada lagi lahan dipotong-potong.

“Sehingga satu kawasan itu milik bersama, digarap bersama. Sehingga pengerjaanya modernisasi, tidak lagi model cangkul agar produktifitasnya lebih tinggi tetapi infrastur juga harus baik,” pungkasnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda