Logo Harian.news

Ini Dia 7 Kegiatan Seru di Bulan Ramadan yang Selalu Dinantikan Umat Muslim: Kamu Suka yang Mana Nih?

Editor : Gita Selasa, 02 April 2024 06:00
Ilustrasi buka puasa bersama di bulan Ramadan. (Foto; Langit7.id)
Ilustrasi buka puasa bersama di bulan Ramadan. (Foto; Langit7.id)
Oleh: PUTRI HANDAYANI ABDULLAH, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Bulan ramadan adalah bulan yang dinantikan umat muslim. Selain karena bulan ini istimewa dalam Al-qur’an, bulan ramadan juga memiliki beragam aktivitas yang selalu dinantikan oleh orang islam.

Berikut ini 7 kegiatan seru di bulan ramadan yang selalu dinantikan umat muslim, kamu udah pernah yang mana nih?

Baca Juga : Kesombongan Mematikan Kemanusiaan

1. Membangunkan Orang Sahur

Sahur ialah waktu menyantap makanan sebelum mulai berpuasa, dilakukan agar tubuh kita siap dalam melakukan ibadah. Waktu sahur sendiri ialah sebelum masuk adzan subuh. Oleh karenanya banyak remaja masjid atau anak muda yang berinisiatif untuk mengingatkan orang lain melaksanakan sahur, bahkan kegiatan ini sudah menjadi budaya yang dinantikan.

Dalam membangunkan orang sahur para remaja masjid juga sangat kreatif. Mulai dari keliling kompleks dengan membawa gendang hingga memutar sound pada speaker masjid.

Baca Juga : Total 301 Kecelakaan Terjadi saat Arus Mudik Lebaran: 26 Tewas, 430 Luka

2. Lomba Ramadan

Bulan ramadan merupakan bulan kemenangan bagi umat muslim sebab bulan ini merupakan bulan diturunkannya Al-qur’an yang menjadi pedoman hidup umat muslim. Sebagaimana dalam surah Al-Baqarah ayat 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Baca Juga : Tata Cara Salat Idulfitri yang Benar, Lengkap dengan Bacaannya

Artinya : Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Seperti bulan kemengan lainnya maka di bulan ramadan banyak dari umat muslim yang mengadakan lomba-lomba bernuasa islam di masjid guna menambah pengetahuan dan semangat dalam menjalankan bulan ramadan.

Adapun lomba-lomba yang diadakan seperti lomba adzan, gerakan sholat, lomba hapal qur’an, hingga lomba fashion show muslim. Lombanya pun biasa diadakan khusus untuk anak-anak yang dalam tahap belajar mengenal bulan ramadan.

Baca Juga : Amalan-amalan Sunah Idulfitri: Poin 2 Sering Tertukar dengan Iduladha

3. War Takjil

War takjil ialah istilah saat ini untuk aktifitas ngabuburit, atau aktivitas saat menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan hunting menu berbuka puasa. Masyarakat Indonesia menyebut war takjil karena banyak dari non-muslim yang turut serta dalam kegiatan hunting menu buka puasa.

Kegiatan ini dinilai positif oleh masyarakat Indonesia baik dari agama islam bahkan non-islam sebagai bentuk toleransi umat beragama. Umat islam menganggap war takjil bentuk berkah ramadan yang bisa dirasakan oleh seluruh umat bahkan non-islam sekalipun.

4. Membuat Konten Ramadan

Di zaman digital saat ini, sangat banyak ditemukan konten kreator yang mengabadikan moment ramadan mereka di sosial media, ini bisa dilakukan untuk memeriahkan bulan suci yang penuh berkah ini. Karena pada bulan ramadan ada banyak moment yang jarang dirasakan, dan membuat konten ramadan adalah salah satu aktivitas positif yang bisa dilakukan untuk mengarsip moment tersebut.

Konten ramadan sendiri juga sangat bervariasi, mulai dari video aktifitas selama berpuasa, video review menu buka puasa, hingga podcast ramadan berisi pengetahuan islam.

5. Bukber

Bukber singkatan dari buka bersama adalah kegiatan yang sangat dinantikan di bulan ramadan. Bukber juga biasa dijadikan sebagai moment reuni bersama teman-teman sekolah ataupun kuliah.

Bukber merupakan momen kumpul bareng bersama orang-orang yang sudah lama tidak pernah dijumpai. Karena kegiatan ini sangat dinantikan, banyak dari masyarakat yang mencoba membuat momen ini lebih seru lagi dengan menetapkan dresscode bukber, mulai dari pakaian bernuansa warna hitam atau putih hingga dresscode bertema kaftan dan abaya yang sekarang lagi trend.

6. Sholat Tarawih

Salah satu amalan terbaik ialah melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid. Sebagaimana dalam hadits Nabi riwayat Imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Hukum sholat tarawih ialah sunnah. Namun ibadah ini menjadi favorit yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW yang apabila dikerjakan dengan iman dan hati yang ikhlas maka dapat menjadi pengampunan atas dosa yang telah dikerjakan pada masa lalu.

Dengan mengerjakan sholat tarawih berjamaah di Masjid dapat menjadi pelajaran untuk anak-anak kecil terkait sholat berjamaah serta melatih anak-anak untuk senantiasa datang ke Masjid. Di sisi lain kegiatan salat tarawih berjamaah ini dapat menjadi penghubung tali silaturahmi dengan para tetangga.

7. Sholat Subuh Ramadan

Sholat subuh berjamaah merupakan sholat yang wajib dikerjakan. Di bulan ramadan sholat subuh biasanya dikerjakan secara berjamaah di Masjid karena sholat ini menjadi alarm waktu berpuasa, sehingga banyak dari masyarakat yang memanfaatkan waktu setelah sahur untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid. Dan sholat yang dikerjakan secara berjamaah juga lebih mulia sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahihnya, kitab Al Adzan, Bab Fadhlu Shalatul Jama’ah, no. 609.

قَالَ صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Shalat berjama’ah mengungguli shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.

Tak heran ketika bulan ramadan yang penuh berkah ini menjadikan alasan umat islam untuk belomba-lomba dalam melaksanakan kegiatan yang penuh dengan kemulian.

 

 

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda