Logo Harian.news

Ini Dia Makna Logo dan Tema Perayaan HUT RI ke-79 Tahun

Editor : Gita Rabu, 26 Juni 2024 10:50
Logo HUT RI ke-79 tahun.
Logo HUT RI ke-79 tahun.

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), Sekretariat Negara merilis logo dan tema baru untuk merayakan hari jadi yang ke-79.

Pemerintah melalui SKB 3 Menteri menetapkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tanggal 17 Agustus sebagai hari libur nasional.

Tahun ini, tema yang diusung HUT RI ke-79 ialah ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

Baca Juga : HUT RI Ke-77, Berikut Makna dan Filosofi Logo Angka 77

Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Budi Santoso menyampaikan beberapa asan mengusung teman tersebut untuk merayaan HUT RI.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi pemindahan ibu kota negara, tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara kita,” kata Heru dikutip dari beberapa sumber, Rabu (26/06/2024).

Logo HUT ke-79 RI menampilkan angka “79” disertai tulisan “Nusantara Baru Indonesia Maju.

Berdasarkan tema besar ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’, maka dirumuskan gambaran besar identitas visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI, yaitu Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan.

Dikutip dari Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia’, berikut makna logo HUT ke-79 RI:

1. Negara Kepulauan
Logo HUT ke-79 RI terdiri dari bagian-bagian terpisah yang merepresentasikan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Lambang Negara
Ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

3. Pertumbuhan Ekonomi
Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

4. Keberlanjutan
Arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

5. Ekonomi Hijau
Bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

6. Persatuan dan Harapan
Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda