Logo Harian.news

Jadi Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asy’ari, Afifuddin: Innaalillahi wa innailaihi raajiun

Editor : Rasdianah Kamis, 04 Juli 2024 16:27
Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin. Foto: ist/dok kompas
Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin. Foto: ist/dok kompas

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Pasca Hasyim Asy’ari dipecat sebagai Ketua KPU terkait kasus asusila, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochammad Afifuddin ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU RI.

“Innaalillahi wa innailaihi raajiun dan Bismillahirahnirahim. Teman-teman KPU tadi secara bulat secara sepakat memberikan mandat kepercayaan ke Saya untuk menjadi Plt Ketua KPU RI. Tentu bukan hal yang mudah, tapi harus kita hadapi secara bersama-sama,” kata Afifuddin saat konferensi pers di Kantor KPU RI Jakarta Pusat, dikutip harian.news dari liputan6. Kamis (4/7/2024).

Dia mengatakan roda organisasi di KPU berjalan sangat sangat kompak, meski diterpa kasus Hasyim Asy’ari. Afif menyampaikan pihaknya akan melakukan penguatan konsolidasi internal serta memastikan tahapan Pilkada Serentak 2024 berjalan lancar.

Baca Juga : Mahfud MD: KPU Tak Layak Gelar Pilkada

“Yang akan kami lakukan adalah menguatkan kembali konsolidasi internal kita, tindak lanjut putusan MK yang belum selesai. Yang sangat penting, kita akan menghadapi Pilkada Serentak 2024, sehingga yang kita lakukan adalah ingin memastikan tidak ada tahapan apapun yang terganggu, tidak ada persiapan apapun yang terganggu dari sisi keorganisasian di KPU,” tuturnya.

“Kami berenam (Komisioner KPU) dengan Pak Sekjen seluruh jajaran KPU, akan segera melakukan percepatan konsolidasi untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 akan berjalan sesuai rencana dan tahapan yang sudah ada,” sambung Mochammad Afifuddin.

Sebagai informasi, Afifuddin ditunjuk oleh lima Komisioner KPU RI lainnya sebagaimana hasil rapat pleno Plt Ketua KPU RI. Dia akan menjadi Plt Ketua KPU RI sampai Ketua KPU RI definitif ditetapkan.

Baca Juga : Diberhentikan dari Jabatan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari Senasib Arief Budiman

“Kami melakukan rapat pleno salah satunya memutuskan pelaksana tugas dari Ketua KPU. Hasil pleno kami bersepakat untuk memberikan mandat kepada Pak Mochammad Afifuddin untuk menjadi Plt Ketua KPU RI untuk melakukan tugas-tugas organisasi sampai dengan dipilihnya Ketua KPU secara definitif,” kata Komisioner KPU August Mellaz.

Dia menjelaskan pengambilan putusan Plt Ketua KPU RI sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2022. Afifuddin sendiri juga merupakan salah satu Komisioner KPU.

“Kami punya waktu 1×24 jam untuk menentukan langkah-langkah organisasi dan kami sudah memutuskan hari ini kami sudah melakukan rapat pleno secara lengkap 6 orang komisioner,” jelasnya.

Baca Juga : Kronologi Kasus Asusila Hasyim Asy’ari hingga Dipecat sebagai Ketua KPU

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda