Logo Harian.news

Jadi Tuan Rumah HLHS Tingkat Sulsel, Pangkep Diramaikan PJ Gubernur dan Jajaran Kepala Daerah

Editor : Rasdianah Rabu, 05 Juni 2024 14:01
Jadi Tuan Rumah HLHS Tingkat Sulsel, Pangkep Diramaikan PJ Gubernur dan Jajaran Kepala Daerah

HARIAN.NEWS, PANGKEP – Kabupaten Pangkep menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau HLHS di Sulsel.

Peringatan HLHS tingkat provinsi Sulsel ini dihadiri Pj Gubernur SulSlsel didampingi Bupati Pangkep dan jajaranwali kota/bupati Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sulsel, wali kota dan bupati melakukan penanaman pohon di area smart farm PT Semen Tonasa, Rabu (5/7/2024).

Baca Juga : Begini Upaya Danny Pomanto Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Lebaran Iduladha 1445 H

Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan inti sambutan serentak Menteri LHK, Prof Dr Ir Siti Nurbaya Bakar terkait pemulihan dan pelestarian lingkungan hidup dan upaya penurunan emisi rumah kaca.

“Yaitu dengan memperbanyak ekosistem hijau dan ekosistem ekonomi biru,” ujar Prof Zudan.

Langkahnya, lanjut Prof Zudan, sesuai yang disampaikan bupati Pangkep dengan memperbanyak tanam pohon, terumbu karang, mangrove atau padang lamun.

Baca Juga : Dukung Kebijakan BPTD, Dishub Makassar Perketat Pengecekan Bus dan Penertiban Karoseri

“Mari kita tunaikan gerakan menanam Sulawesi selatan, Yang ditanam silakan boleh rumput laut, Mangrove dan tanaman lainnya. Buah-buahan boleh, kelapa, pisang, sukun dan durian, yang tidak boleh yang tidak menanam,” katanya.

Berdasarkan data Dukcapil, Sulsel dengan jumlah penduduk 9,4 juta penduduk dengan kepala keluarga 2,1 juta.

“Jadi kalau setiap bulan, 1 keluarga menanam 1 pohon saja akan ada 2,1 juta tanaman baru dan itu tidak sulit dilakukan, ” tambahnya.

Baca Juga : Raih Rekor MURI, 24.913 Penari Paddupa Sukses Pikat Hati Warga di Festival Sulsel Menari

Prof Zudan mengajak menunaikan gerakan Sulsel menanam untuk menjaga kelestarian lingkungan, memulihkan lingkungan dan akan menurunkan emisi rumah kaca.

“Tindak lanjut berikutnya, Walikota dan bupati yang belum ada anggaran APBD untuk gerakan menanam untuk segera dianggarkan dan dimasukkan ke RKP 2025 atau APBD P 2024,” jelasnya.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menyampaikan, Pemkab Pangkep setiap tahunnya berkomitmen dan berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan banyak menanam pohon.

Baca Juga : Jelang Iduladha, Bupati MYL Pantau Langsung Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

“Kami berkolaborasi dengan perusahaan dan kampus dan mahasiswa dalam kegiatan penanaman pohon, mangrove dan terumbu karang, ” katanya.

(MUH YUSUF YAHYA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda