Logo Harian.news

Jemaah Diimbau tak Paksakan Diri Segera Tawaf Ifadhah: Tunggu Badan Fit Kembali

Editor : Rasdianah Selasa, 18 Juni 2024 20:41
Jemaah Diimbau tak Paksakan Diri Segera Tawaf Ifadhah: Tunggu Badan Fit Kembali

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Jemaah haji diimbau tidak memaksakan diri menjalani tawaf ifadhah dan sa’i. Sebagian jemaah biasanya memaksakan diri langsung menuju ke Masjidil Haram untuk menyelesaikan rangkaian ibadah haji padahal tubuh masih belum fit.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah KH Khalilurrahman mengatakan untuk menjaga keselamatan jiwa dan kesehatan setelah menjalani puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina, jemaah haji yang sudah kembali dari Mina ke hotel masing-masing diimbau untuk istirahat dan memulihkan kebugaran fisik.

“Menunda pelaksanaan tawaf ifadhah dan sai, hingga jemaah telah pulih dan bugar kembali. Tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga, seperti ziarah atau umrah sunah berulangkali,” katanya di Makkah, dikutip dari kumparan, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga : Layanan Haji Dianggap tak Maksimal, PPP Beberkan Alasannya

Di sisi lain, jemaah kloter awal memang harus mempersiapkan diri untuk pulang ke tanah air. Begitu juga dengan jemaah kloter akhir harus menyiapkan diri menuju Madinah.

Untuk itu, Khalil meminta jemaah haji memperhatikan betul jadwal kepulangan atau keberangkatan mereka. Dengan begitu, bisa mengatur waktu dengan baik antara istirahat untuk tawaf ifadhah dan sai dengan persiapan keberangkatan.

“Jemaah haji lansia, sakit, lemah dan risti, serta jemaah wanita yang sedang haid, gugur kewajiban tawaf wada’-nya dan tidak dikenakan dam,” ucapnya.

Baca Juga : Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal di Tanah Suci Tembus 309 Orang

Sedangkan, lanjut Khalil, jemaah haji yang sehat dan tidak ada halangan atau uzur, melaksanakan tawaf wada’ paling lambat 12 jam sebelum rencana jadwal pulang.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda