Logo Harian.news

Jokowi di IKN, Ma’ruf Amin di Istana

Jokowi Ingin Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta

Editor : Rasdianah Selasa, 11 Juni 2024 12:35
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi. Foto: ist
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi. Foto: ist

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan ingin menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 RI digelar di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan halaman Istana Merdeka Jakarta.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan, sebab sedang dalam masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

“Enggak, ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi disini (Jakarta) tetap dilakukan, disana (IKN) tetap dilakukan,” jelas Jokowi kepada wartawan di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dikutip dari liputan6, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga : 2 Keponakan Jokowi Jadi Sorotan Usai Duduki Jabatan di Pertamina

Dia mengatakan upacara HUT RI akan digelar sepenuhnya di IKN apabila keputusan presiden (keppres) pemindahan ibu kota sudah terbit. Jokowi menyebut transportasi dan akomodasi juga tidak mudah.

“Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja. Termasuk, juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah,” tuturnya.

Jokowi memastikan sejumlah tokoh penting akan diundang untuk menghadiri upacara perdana HUT RI di IKN. Termasuk, para mantan presiden Republik Indonesia.

Baca Juga : Soal Rupiah Melemah, Jokowi: Semua Negara Sekarang Tertekan

“Semuanya diundang, semuanya diundang ke IKN,” ujar Jokowi.

Skema Upacara

Dalam rencananya, Jokowi yang akan memimpin upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024. Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin akan hadir di halaman Istana Merdeka Jakarta.

Jokowi nantinya akan didampingi Presiden Terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Sedangkan, Ma’ruf Amin didampingi Wapres Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga : Perluas Jaringan Listrik Terintegrasi di IKN, PLN Siapkan Layanan Teknologi Digital

“Sebagian di IKN, sebagian di sini (Istana Jakarta). Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (di Istana),” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

“Nanti Pak Wapres terpilih akan mendampingi Wapres. Sedangkan Presiden terpilih akan mendampingi Presiden,” sambungnya.

Menurut dia, pejabat negara dan tamu undangan yang hadir dalam upacara HUT RI di IKN belum diputuskan. Namun, kata Muhadjir, kemungkinan pejabat negara akan dibagi dua untuk hadir di IKN dan halaman Istana Merdeka.

Baca Juga : Jokowi Tekankan Kota Masa Depan di Rakernas APEKSI, Firman Pagarra Sebut Sejalan Dengan Wali Kota

“Belum ada list, mungkin akan dipecah dua. Termasuk upacara di Makam Pahlawan di Kalibata dan IKN memorial,” ujarnya.

Muhadjir menuturkan pemerintah juga belum memutuskan apakah mantan presiden dan wakil presiden, seperti Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, hingga Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla akan hadir di IKN atau tidak. Dia menuturkan hal tersebut masih dibahas.

“Itu masih diusulkan. Tadi Pak Presiden rekomendasi kan pokoknya harus jadi perhatian para tokoh-tokoh apakah di sini (Istana) dan IKN,” jelas Muhadjir.

Dia menuturkan para duta besar negara sahabat akan diundang untuk upacara HUT RI di IKN. Nantinya, mereka tidak akan bermalam di IKN.

“Ada kemungkinan dubes juga di IKN nanti tidak nginap langsung acara terus balik,” ucap Muhadjir.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda