Logo Harian.news

Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Copot Kapolda Jatim Diganti oleh Irjen Teddy Minahasa

Editor : Redaksi Selasa, 11 Oktober 2022 08:59
Ilustrasi Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Dodi/Harian.news
Ilustrasi Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Dodi/Harian.news

HARIANEWS.COM – Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Nico Afinta dicopot dan digantikan oleh Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat.

Pencopotan ini tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/2134/X/KEP/2022 yang diteken Kapolri Jenderal Listyo Sigit Wibowo.

Nico digeser ke posisi Sahlisosbud Kapolri atau Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Kapolri.

Baca Juga : Heboh Jampidsus Diduga Dikuntit Densus, Kapolri Pastikan tak ada Masalah Apa-apa

Diduga pencopotan Kapolda Jatim ini terkait dengan Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia – total sebanyak 131 jiwa melayang.

Sebelumnya Kapolres Malang Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dicopot. Selain Kapolres Malang, sejumlah perwira Satuan Brimob Polda Jatim juga dicopot imbas dari tragedi maut di Kanjuruhan.

Baca Juga : Gerakan Tani Nelayan Wilayah Tapal Kuda JATIM, Deklarasikan Prabowo Gibran

Surat TR [Dok. Ist]

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengonfirmasi adanya surat telegram ini. Ia menjelaskan bahwa mutasi tersebut adalah hal biasa.

“TR tersebut adalah tour of duty and tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dedi saat dihubungi Senin 10 Oktober 2022 dikutip Tempo.co.

Teddy Minahasa

Baca Juga : Advokat Nilai Pemanggilan Aiman Witjaksono oleh Kepolisian tidak Berlandaskan Hukum

Teddy menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat sejak 25 Agustus 2021. Selain menjadi Kapolda Sumbar, Teddy juga menjabat sebagai Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026.

Selain itu, Teddy juga tercatat pernah menjabat sejumlah jabatan penting. Di antaranya sebagai ajudan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hingga Staf Ahli Wakil Presiden RI, hingga Karopaminal Divpropam Polri.

Dilansir dari berbagai sumber, pria kelahiran Minahasa, 23 November 1970 ini merupakan Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1993. Teddy pernah menjabat sebagai Kapolda di berbagai daerah. Diantaranya adalah Kapolda Banten (2018), Wakapolda Lampung (2018), Sahlijemen Kapolri (2019) dan Kapolda Sumatra Barat (2021).

Baca Juga : Isi Kuliah Kebangsaan di Unhas, Kapolri Imbau Sukseskan Pemilu Damai

Selain itu Teddy juga pernah menjabat sebagai Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah (2008), Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kapolres Malang Kota (2011), Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri (2013), dan Kaden C Ropaminal Divpropam Polri (2013).

Saat ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit mendapuknya sebagai Kapolda Jatim. Dia ditunjuk untuk menggantikan Irjen Nico Afinta yang dimutasi sebagai Sahlisosbud. Sedangkan pada posisi Kapolda Sumatera Barat diisi Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda