Logo Harian.news

Kecipratan Dana Kelurahan Rp 200 Juta, BPKAD Ingatkan Pembangunan Sarana Prasarana

Editor : Rasdianah Senin, 24 Juni 2024 15:00
Kepala Bidang Pembendaharaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar Netta Juliantini. Foto: HN/Sinta
Kepala Bidang Pembendaharaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar Netta Juliantini. Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Kepala Bidang Pembendaharaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar Netta Juliantini mengatakan, 153 Kelurahan akan menerima 200 juta dana Kelurahan (Dankel) anggaran 2024 tahap II.

Netta mengatakan, dana tersebut merupakan sokongan transfer pusat dan alokasi Pemerintah Kota Makassar.

“Jadi semuanya pemerintah kota Makassar menerima lokasi 30.6 miliar dibagi dua tahap per kelurahan di kota Makassar,” ujarnya, di ruang rapat Sipakatau Balai Kota Makassar, Senin (24/6/2024).

Baca Juga : Danny Jawab Pandangan Fraksi atas APBD 2023, Mulai dari Dana Kelurahan hingga Pengelolaan Retribusi

“Tahap pertama sudah cair 15.3 miliar, kedua sama nanti akan 15.3 miliar,” tambahnya.

Kata Netta, dana kelurahan atau Dankel diprioritaskan untuk beberapa komponen di antaranya pembangunan sarana prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat.

“Program utamanya, nanti akan terinci lagi kan tergantung usulan dari kelurahannya untuk pembangunan sarana prasarana, dalam bentuk apa. Kemudian untuk pemberdayaan masyarakat Dia dalam bentuk seperti apa termaksud ke stunting gitu kan ya jadi ada fisik dan non,” terangnya.

Baca Juga : Gaji ke-13 ASN Pemkot Makassar Sudah Meluncur, Kepala BPKAD: Cair Bertahap

Pihaknya tengah mengenjot Dankel di Kota Makassar dengan melakukan rapat koordinasi, untuk menyampaikan kepada kelurahan agar melakukan persiapan percepatan proses penyerapan anggaran.

Pasalnya tahun lalu menyisakan anggaran sebesar 14 miliar.

“Jadi itu yang harus segera diserap oleh kelurahan dan dilaksanakan, untuk selanjutnya dilaporkan realisasinya paling lambat bulan September, Kita harus laporkan kementerian keuangan sebagai syarat pencairan tahap keduanya,” tandasnya.

Baca Juga : Komitmen Pemkot Makassar dan Ditjen Perbendaharaan Sulsel Perkuat Pelaksanaan Anggaran 2023

Penulis: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda