Logo Harian.news

Kekalahan Vietnam dari Indonesia Makan Korban, Philippe Troussier “Ditendang” sebagai Pelatih

Editor : Redaksi Rabu, 27 Maret 2024 06:05
Philippe Troussier resmi dipecat sebagai pelatih Vietnam. Dok. Ist
Philippe Troussier resmi dipecat sebagai pelatih Vietnam. Dok. Ist

HARIAN.NEWS – Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong kembali “menghancurkan” Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Kali ini Indonesia mencetak 3 gol tanpa balas di kandang Vietnam. Hasil ini juga menumbalkan pelatihan Vietnam Philippe Troussier yang dipecat pasca kekalahan memalukan ini.

Pasalnya Indonesia tiga kali mengalahkan Vietnam yakni di piala Asia dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : Bulog Sebut 650 Ribu Ton Beras Impor Sudah Masuk Indonesia: Kurang 350 Ribu lagi!

Troussier tidak bisa meramu strategi yang jitu dalam duel Vietnam vs Indonesia. Timnas Indonesia mampu memberondong gawang Vietnam lewat gol Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

Tak lama berselang setelah laga usai, dikutip dari Bongdaplus, Vietnam dan Troussier resmi mengakhiri kerja sama alias pemutusan kontrak.

Kekalahan dari Timnas Indonesia sejatinya bukan satu-satunya penyebab Troussier ditendang dari kursi pelatih. Rapor buruk Troussier selama menangani Vietnam jadi alasan kuat di balik munculnya keputusan ini.

Baca Juga : Jokowi Beri Selamat ke Timnas Indonesia Usai Libas Vietnam: Semangat Selalu

Sejak menggantikan posisi Park Hang Seo, Troussier tidak bisa memenuhi target-target yang ditetapkan oleh Federasi sepak Bola Vietnam. Troussier gagal di SEA Games dan Vietnam juga tak bertaji di Piala Asia.

Di Kualifikasi Piala Dunia, Troussier sempat membawa Vietnam memulai start bagus lewat kemenangan 2-0 di markas Filipina. Namun setelah itu Vietnam kalah di tiga laga berikutnya, dua di antaranya dari Timnas Indonesia di bulan Maret.

Kekalahan tersebut membuat peluang Vietnam untuk lolos ke babak selanjutnya makin menipis. Bukan hanya wajib mengumpulkan angka sebanyak-banyaknya di dua laga tersisa, Vietnam kini harus bergantung pada hasil Timnas Indonesia di bulan Juni.

Baca Juga : Erick Thohir Sebut Vietnam Ingin Duplikasi Food Estate Indonesia

Dikutip cnnIndonesia, Troussier sendiri merupakan salah satu pelatih kawakan di dunia sepak bola. Ia pernah jadi pelatih yang mengantar Jepang juara Piala Asia. Selain itu Troussier pernah melatih Nigeria, Qatar, dan Marseille.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda