Logo Harian.news

Kemenlu RI Gandeng Beberapa Pihak Sepakati Rencana Kontingensi dan Finansial Luar Negeri

Editor : Gita Kamis, 16 Mei 2024 20:04
Foto; dok
Foto; dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR — Pertamina Algeria EP, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Alger dan Republik Demokratik Rakyat Aljazair melakukan penandatanganan rencana kontingensi.

Penandatanganan tersebut berlangsung di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Kamis (16/05/2024)

Tak ketinggalan Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia, serta Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia juga turut menyepakati rencana kontingensi tersebut.

Baca Juga : Belum Bisa Kampanye, Ahok Sebut Erick Thohir Belum Mau Keluarkan Surat Pemberhentian

Direktur PWNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengatakan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, PWNI secara global melakukan 13 kali evakuasi warga negara Indonesia dibeberapa negara.

Lebih lanjut ia mengapresiasi inisiatif PT Pertamina Algeria EP untuk mengelaborasi pihak terkait guna penyusunan rencana kontingensi ini.

“Hal ini dihighlight sebagai gambaran seberapa besar sense of crisis yang dimiliki oleh Pertamina sebagai BUMN,” ucapnya.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Jepang, Kemlu Sebut ada Peringatan Tsunami Besar

Menurut Judha Nugraha, ini bisa sebagai benchmark bagi entitas lain di Kementerian BUMN dalam hal penanganan kedaruratan di luar negeri.

Dubes Aljazair, Chalief Akbar mengatakan penanganan kedaruratan ini menjadi konsen utama bagi kedubes.

Hal ini utamanya terkait dengan merebaknya hotspot khususnya di Timur Tengah. Terlebih dengan meningkatnya tension antara Iran-Israel, dimana hal tersebut berpotensi melebar dan mempengaruhi stabilitas geopolitik negara-negara.

Baca Juga : Kementerian BUMN Nilai Transformasi Terminal Penumpang Pelindo Sudah Signifikan

“Ini didalam wilayah tersebut dimana Pertamina Internasional EP juga beroperasi,” ucapnya.

Kolaborasi antara Pertamina Internasional EP, Pertamina Algeria EP, dan tim teknis dari Kedubes Aljazair dan Direktorat PWNI Kemenlu RIb dalam menyusun rencana kontingensi.

Evakuasi ini diharapkan bisa menjadi pijakan untuk langkah-langkah selanjutnya dalam konteks penanganan kedaruratan di luar negeri.

Baca Juga : Pemkot Makassar Dukung Apindo-Kodam XIV Hasanuddin Gelar Bazar UMKM Ramadan, Catat Tanggalnya!

Hadir dalam acara tersebut Dubes RI untuk Algeria, Chalief Akbar, Direktur PWNI Judha Nugraha dan tim teknis dari Kementerian Luar Negeri.

Sementara delegasi dari Pertamina diwakili oleh Country Manager Zona 15/ Algeria Jon Erwin, General Manager MLN Darmapala dan HSSE Manager PIEP Ibu Diah Kusumawati.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda