Logo Harian.news

Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok, Pemkab Jeneponto Gelar Operasi Pasar

Editor : Rasdianah Selasa, 02 April 2024 18:27
PJ Bupati Jeneponto saat mengunjungi pedagang yang ada di pasar tradisional karisa. Foto: dok Humas Kominfo Jeneponto
PJ Bupati Jeneponto saat mengunjungi pedagang yang ada di pasar tradisional karisa. Foto: dok Humas Kominfo Jeneponto

HARIAN.NEWS, JENEPONTO – Stabilitas perekonomian di saat jelang hari Raya Besar Keagamaan memang harus dijaga dari potensi timbulnya pergerakan harga yang tidak terkendali, sehingga kenaikan harga khususnya harga pangan penyumbang inflasi akan mempengaruhi stabilitas ekonomi secara menyeluruh.

Hal ini yang disampaikan oleh penjabat Bupati Jeneponto Junaedi Bakri saat melakukan Operasi Pasar di Pasar Allu, Kecamatan Bangkala, guna mengecek stock dan harga bahan pokok menjelang hari raya idul fitri, Selasa (2/4/2024).

Operasi pasar ini dilakukan Junaedi bersama Kepala Dinas Perdagangan, camat dan forkopimcam serta lurah setempat.

Baca Juga : Gerakkan 2.775 Personel, PLN Nyatakan Sukses Kawal Listrik Perayaan Idulfitri

“Mendekati hari raya kita lakukan koordinasi dengan pemerintah baik tingkat provinsi maupun kota,” katanya, Selasa.

Junaedi juga menyebutkan, akan melakukan operasi pasar, apabila ditemukan indikasi naiknya harga beberapa komoditi.

“Kita akan lakukan operasi pasar. Sehingga masyarakat dalam menghadapi hari raya Idulfitri ini bisa tenang,” ujar edi sapaan Pj Bupati Jeneponto.

Baca Juga : Momen Lebaran, Istana Sebut Jokowi Masih Cari Waktu Tepat Silaturahmi dengan Megawati

Sementara itu, Kadis Perindag Manrancai Sally mengatakan akan terus memantau harga komoditas pangan menjelang hari raya Idulfitri.

“Kalau sampai ini meningkat, kita akan lakukan operasi pasar, kita telusuri ini kenapa. Jangan sampai harga di kabupaten lain normal, ini kenapa di Jeneponto harganya naik, itu nanti kita urus,” ujarnya.

Ia menambahkan, jelang Idulfitri ini, memang Tim Pengendali Inflasi Daerah (TIPD) Kab Jeneponto yang terdiri dari berbagai unsur dari pemerintah kab Jeneponto, TNI, Polri, Bulog dan instrumen lainnya secara rutin melakukan monitoring pelaksanaan operasi pasar.

Baca Juga : Suasana Libur, Sejumlah Fasilitas Umum dan Kantor Pemerintahan Gowa Dipenuhi Sampah

“Sehingga dengan banyaknya instrumen yang dilakukan pemerintah dalam mencegah inflasi termasuk dengan operasi pasar ini diharapkan mendukung stabilitas harga di pasar terutama menjelang momen-momen hari besar keagamaan seperti hari raya Idulfitri,” ujarnya.

Ia berharap penyediaan barang kebutuhan pokok tersebut mendukung tersedianya kebutuhan dasar bagi warga masyarakat sehingga terciptanya stabilitas harga sehingga tingkat inflasi dapat dikendalikan.

(ASWIN)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda