Logo Harian.news

Ketersediaan Stok Darah Adalah Kepedulian Bersama

Editor : Gita Kamis, 21 Juli 2022 20:35
Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, memberi materi di Puskesmas Antang, Kamis (21/7). (Foto: PMI)
Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, memberi materi di Puskesmas Antang, Kamis (21/7). (Foto: PMI)

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Ketua PMI Kota Makassar DR Syamsu Rizal MI, menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pelayanan Darah, yang bertempat di Jalan Lasuloro Raya, Aula Puskesmas Antang, Kamis 21 Juli 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan Kota Makassar, dan diikuti puluhan kader kesehatan di wilayah tersebut.

Deng Ical sapaan akrab Ketua PMI Kota Makassar mengungkapkan, rekrutmen donor darah itu bukan hanya tugas PMI dan pemangku kepentingan di bidang kesehatan tetapi itu tanggungjawab seluruh warga negara Indonesia.

Baca Juga : Silaturahmi Dengan Jurnalis, Deng Ical Ucapkan Terima Kasih

Ia mencontoh apabila ada keluarga atau teman kita yang membutuhkan darah pasti kita yang duluan ditanyakan untuk dicarikan stok darah.

“Jadi kalau ada teman atau keluarga ta yang butuh darah bukan hanya kita yang disusahi tapi juga orang lain di minta tolongi (tolong),” kata Deng Ical dengan hubuhan dialeg Makassar.

Maka dari itu, untuk memudahkan orang lain mendapatkan stok darah diharapkan partisipasi dan kepedulian kita semua untuk menyumbangkan darahnya.

Baca Juga : Deng Ical Hadiri Syukuran Gelar Profesor Firdaus Muhammad di Gowa

“Karena kalau kita semua rutin donor darah maka ketersediaan darah di PMI jadi aman, dan sudah dipastikan semua masyarakat terlayani dengan baik tanpa harus buang energi hanya untuk mencari pendonor darah,” tuturnya.

Lanjut, memotivasi lain kita donor darah yang mesti di tanamkan selalu dalam diri kita itu, selain untuk menolong orang lain adalah untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat.

“Dengan rutin donor darah itu berarti kita menolong diri kita sendiri dan terutama sekali ini memastikan bahwa kita tidak punya riwayat penyakit penyakit tertentu,” tutur Wakil Wali Kota Makassar priode 2014-2019 ini. **

Baca Juga : DPP PERMAS Sayangkan Pasien Emergency Diduga Terbengkalai di Pelabuhan Pamatata Selayar

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda