Logo Harian.news

KKN ‘Pancaniti’ UNUSIA Jakarta Edukasi Roasting Kopi ke Petani

Editor : Gita Kamis, 04 Agustus 2022 09:49
KKN ‘Pancaniti’ UNUSIA Jakarta Edukasi Roasting Kopi ke Petani

Oleh : Taufik
(Mahasiswa UNUSIA Jakarta)
Melaporkan dari Lokasi KKN di Desa Mulyasari

BOGOR – Kelompok KKN Pancaniti dari UNUSIA Jakarta mengadakan Edukasi Roasting Kopi. Edukasi tersebut berkolaborasi dengan Praktisi Kopi yang berasal dari Jakarta Timur dan Sahabat Roaster Muhammad Rully Ibrahim.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kelas jauh Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor Sabtu, 30 Juli 2022.

Baca Juga : Keren! 88 Mahasiswa PPG Unibos dapat Gelar Guru Profesional dan Bersertifikasi

Tujuan diadakannya Edukasi Roasting tersebut adalah supaya petani kopi kampung Mulyasari mampu meroasting dengan baik dan memunculkan rasa asli dari biji kopi tersebut.

Selain itu Kelompok KKN Pancaniti Divisi Ekonomi menyampaikan bahwasannya “Kopi Mulyasari ini tidak hanya nikmat di minum tetapi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi” Tutur Kang Taufik Abdillah.

Bapak Waluyo selaku Ketua Kelompok Tani dan Pemilik Kebun Kopi sangat mengapresiasi Edukasi Roasting yang diadakan oleh Kelompok Pancaniti, harapannya petani kopi dan masyarakat mulyasari memanfaatkan Tanaman kopi mereka yang berada di kebun milik masing-masing.

Baca Juga : SYL Dituntut 12 Tahun Penjara

“Saya sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah menyelenggarakan edukasi ini, saya berharap tidak hanya manfaat saja yang dijelaskan tapi juga dijelaskan bagaimana cara meroasting dan packing dari Hasil roasting Kopi” Tutur Bapak Waluyo.

Tidak hanya edukasi yang dijelaskan, kelompok KKN Pancaniti juga memaparkan pemasaran dari salah satu hasil olahan kopi Mulyasari. Menurut data dari Pak Waluyo, Hasil panen dari kopi mulyasari dalam kurun tahun 2021-2022 berkisar 10 ton/tahun.

 

Baca Juga : Deklarasi Dukungan untuk Anies, FPMJ: Jakarta Butuh Pemimpin yang Paham Persoalan Jakarta

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda