Logo Harian.news

Kuliah Umum di FT Unhas, Pangdam Ingatkan Civitas Akademik Harus Jawab Masalah Kebangsaan

Editor : Redaksi Sabtu, 27 Agustus 2022 11:34
Kuliah Umum di FT Unhas, Pangdam Ingatkan Civitas Akademik Harus Jawab Masalah Kebangsaan

GOWA, HARIANEWS.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., menghadiri pelaksanaan Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan memberikan Kuliah Umum, yang dilaksanakan di Ruang Gedung CSA Kampus Unhas Fakultas Teknik (FT), Kec. Bontomarannu Kab. Gowa, Jumat (26/08/2022).

Adapun tema yang diangkat oleh Mayjen Andi Muhammad adalah “Peran Perguruan Tinggi Dalam Membangun Integritas Kebangsaan Indonesia”, dimana menurutnya bahwa di tengah situasi berbangsa dan bernegara pada saat ini, perguruan tinggi merupakan pilar sebagai perkembangan peradaban bangsa yang memiliki tuntutan, tantangan dan tanggung jawab bagi bangsa dan negara.

“Penting dipahami bahwa kesuksesan dan kejayaan peradaban suatu bangsa pada hari ini dan masa mendatang sesungguhnya tercermin dari wajah perguruan tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga : Pj Bahtiar Baharuddin: Atas Nama Pemprov dan Warga Sulsel Terima Kasih Kepada Kapolda dan Pangdam

“Perguruan tinggi harus mampu meneguhkan peran untuk menghasilkan terobosan-terobosan konstruktif bagi peningkatan kualitas peradaban bangsa, agar produk perguruan tinggi dapat menjadi figur yang menghargai keagamaan, memiliki daya saing serta kemampuan berkaloborasi,” sambungnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini mengharapkan di era digital dan kebebasan informasi saat ini agar menghidari adanya berbagai informasi Hoax, berita atau ajakan untuk saling menjatuhkan, mencaci maki, saling serang antara kelompok karena adanya perbedaan pendapat atau pilihan sehingga dapat menimbulkan suatu konflik dan merongrong nilai-nilai semangat Indonesia.

“Civitas akademik perguruan tinggi harus dapat menjadi solusi publik dan masyarakat, menyuarakan kepentingan rakyat, menjawab persoalan kebangsaan dan menjadi motor dan kolabolator aktualisasi nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan sebagaimana terkandung di dalam Pancasila,” tandasnya.

Baca Juga : Pangdam XIV/Hasanuddin Ajak Awak Media dan Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai

Jenderal bintang dua ini pun menuturkan bahwa eksistensi perguruan tinggi di ruang-ruang publik akan membawa Pancasila dengan segenap nilai-nilainya untuk mampu menemukan momentum terbaik untuk diterima dan mengisi sisi terdalam Nurani secara kolektif anak bangsa.

“Eksistensi perguruan tinggi di ruang-ruang publik akan membawa Pancasila dengan segenap nilai-nilainya untuk mampu menemukan momentum terbaik untuk diterima dan mengisi sisi terdalam Nurani secara kolektif anak bangsa, dengan demikian pula bahwa perguruan tinggi memiliki peran signifikan dan tujuan visi dan misi nasional sebagaimana terkandung dalam pembukaan undang-undang dasar 1945,” tutupnya

Turut mendampingi Pangdam yakni, Pamen Ahli Bid. Hukum dan Humaniter Kolonel Arm Airlangga, Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., dan Waaster Letkol Arh Muh. Suaib, S.Pd., M.Tr (Han), hadir juga narasumber Dr. Arqam Azikin.

Baca Juga : KSAD Dudung: Mekanisme Sertijab untuk Mewujudkan TNI AD yang Efektif dan Transparan

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda