Logo Harian.news

Lima Kegiatan Seru yang Ramadan Banget, Kamu Pernah Lakukan yang Mana Nih!

Editor : Redaksi Kamis, 04 April 2024 14:28
Lima Kegiatan Seru yang Ramadan Banget, Kamu Pernah Lakukan yang Mana Nih!

Oleh : Putri Handayani Abdullah
(Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMI) 06520210133

HARIAN.NEWS – Bulan ramadhan adalah bulan yang dinantikan umat muslim. Selain karena bulan ini istimewa dalam Al-qur’an, pada bulan ramdhan juga terdapat kegiatan-kegiatan seru yang hanya dapat dilakukan pada bulan tersebut. Berikut 5 kegiatan seru bulan ramdhan, kamu udah pernah yang mana?

1. Membangunkan Orang Sahur

Baca Juga : Tips Sehat Selama Puasa Ramadan Ala Dokter Koboi, Hindari ini Agar Tubuh Tetap Fit dan Terhindar Penyakit

Sahur ialah waktu menyantap makanan sebelum mulai berpuasa, dilakukan agar tubuh kita siap dalam melakukan ibadah. Waktu sahur sendiri ialah sebelum masuk adzan shubuh. Oleh karenanya banyak remaja mesjid atau anak muda yang berinisiatif untuk mengingatkan orang lain melaksanakan sahur, bahkan kegiatan ini sudah menjadi budaya yang dinantikan. Dalam membangunkan orang sahur para remaja mesjid juga sangat kreatif. Mulai dari keliling kompleks dengan membawa gendang hingga memutar sound pada speaker mesjid.

2. Lomba Ramadhan

Bulan ramdhan merupakan bulan kemenangan bagi umat muslim sebab bulan ini merupakan bulan diturunkannya Al-qur’an yang menjadi pedoman hidup umat muslim.Sebagaimana dalam surah Al-Baqarah ayat 185 :
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ
Artinya : Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Baca Juga : Program Bangga Kencana, Pelibatan Warga Sukseskan Program KB Pria

Seperti bulan kemengan lainnya maka di bulan ramadhan banyak dari umat muslim yang mengadakan lomba-lomba bernuasa islam di mesjid-mesjid guna menambah pengetahuan dan semangat dalam menjalankan bulan ramadhan.

Adapun lomba-lomba yang diadakan seperti lomba adzan, gerakan sholat, lomba hapal qur’an, hingga lomba fashion show muslim. Lombanya pun biasa diakan untuk anak-anak yang dalam tahap belajar terkait bulan ramadhan.

3. War Takjil

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah 1444 H di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan

War takjil ialah istilah saat ini untuk aktifitas ngabuburit, atau aktifitas saat menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan hunting menu berbuka puasa. Masyarakat Indonesia menyebut war takjil karena banyak dari non-muslim yang turut serta dalam kegiatan hunting menu buka puasa.

Kegiatan ini dinilai positif oleh masyarakat indonesia baik dari agama islam bahkan non-islam sebagai bentuk toleransi umat beragama di Indonesia. Umat islam menganggap war takjil bentuk berkah ramadhan yang bisa dirasakan oleh seluruh umat bahkan non-islam sekalipun.

4. Membuat Konten Ramadhan

Baca Juga : Niat Puasa Rajab 2023 Tulisan Arab Latin dan Artinya

Di zaman digital saat ini, sangat banyak ditemukan konten kreator yang mengabadikan moment ramadhan mereka di sosial media, ini bisa dilakukan untuk memeriahkan bulan ini. Karena pada bulan ramadhan ada banyak moment yang jarang dirasakan, dan membuat konten ramadhan adalah salah satu aktifitas positif yang bisa dilakukan untuk mengarsip moment tersebut. Konten ramadhan sendiri juga sangat bervariasi, mulai dari video aktifitas selama berpuasa, video review menu buka puasa, hingga podcast ramadhan berisi pengetahuan islam.

5. Bukber

Bukber singkatan dari buka bersama adalah kegiatan yang sangat dinantikan di bulan ramadhan. Bukber juga biasa dijadikan sebagai moment reuni bersama teman-teman sekolah ataupun kuliah dan moment kumpul bareng bersama orang-orang yang sudah lama tidak pernah dijumpai.

Karena kegiatan ini sangat dinantikan, banyak dari masyarakat yang mencoba membuat moment ini lebih seru lagi dengan menetapkan dresscode bukber, mulai dari pakaian bernuansa warna hitam atau putih hingga dresscode bertema kaftan dan abaya yang sekarang lagi trend.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda