Logo Harian.news

LPPM Unhas Latih Warga Gowa Rumuskan Business Plan Pengelolaan Ekowisata Sungai dan Hutan di Tinggimoncong

Editor : Gita Rabu, 03 Juli 2024 13:35
LPPM Unhas Latih Warga Gowa Rumuskan Business Plan Pengelolaan Ekowisata Sungai dan Hutan di Tinggimoncong

HARIAN.NEWS, MAKASSAR —Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kelurahan Bontolerung Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Ketua Pelaksana, Prof. M. Idrus Taba
berharap agar hasil pelatihan dapat memberikan efek pada meningkatnya kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola usaha, membangun jaringan kemitraan dengan Perguruan Tinggi.

Juga kata dia, sekaligus memiliki kesadaran tinggi untuk memelihara dan mengembangkan sektor pariwisata yang berbasis pada lingkungan dan pelibatan masyarakat.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unhas dan UNESCO Fokus Kembangkan AI di Ranah Kampus

“Bagi tim pelaksana PKM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ouput dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini selanjutnya akan dituangkan dalam sebuah artikel ilmiah,” ucapnya.

Artikelnya akan diterbitkan pada Jurnal ilmiah Sinta 3 dan sebuah Buku yang akan djadilan sebagai rujukan buku ajar.

Prof Idrus mengatakan, jika PKM kali ini dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan, serta Penyusunan Perencanaan Usaha (Business Plan).

Baca Juga : Mampu Kembangkan Perpustakaan, Mahasiswa Makassar Tertarik Teliti Inovasi Sentuh Pustaka

“Dipilih Pengelola Obyek Wisata Sungai dan Hutan Berbasis Masyarakat di Kabupaten Gowa,” tuturnya.

Sementara Kelompok Masyarakat yang dilatih adalah para pemilik lahan yang tanah miliknya berbatasan dengan Sungai dan Hutan yang akan dijadikan sebagai obyek wisata.

Tujuan pelatihan, selain membekali mereka dengan keterampilan Menyusun perencanaan usaha jasa pariwisata, juga memberikan penyadaran agar mereka tetap dapat menjaga dan memelihara kelestarian alam, terutama Sungai dan hutan.

Baca Juga : KPU Sulsel Beri Pembekalan ke 260 Mahasiswa KKN Tematik Unhas

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari dan diikuti peserta sebanyak 27 orang. Materi pelatihan yang diberikan meliputi perencanaan bisnis, wawasan ekonomi lingkungan dan pemasaran jasa.

“Setelah pelatihan, peserta dibentuk dalam sebuah komunitas pengelola ekowisata Sungai dan hutan,” ucapnya.

Lalu selanjutnya akan dibina oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Untung Rugi Putra Mahkota di Pilkada Sulsel

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Camat Tinggimoncong, Lurah Bontolerung , Lurah Bulutana yang masing-masing diwakili oleh Sekertaris Dinas dan staf Kecamatan, Perwakilan Masyarakat Desa.

Lalu ada tokoh Masyarakat serta Prof Haris Maupa, Prof Dian AS Parawansa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda