Logo Harian.news

Mahasiwa Poltekkes Kemenkes Bakal Praktik Kebencanaan 2 Pekan di PMI Makassar

Editor : Rasdianah Senin, 13 November 2023 18:41
Ketua PMI Makassar, Syams Rizal MI menyambut mahasiswa Poltekkes Kemenkes di Kantor PMI Makassar. Foto: dok
Ketua PMI Makassar, Syams Rizal MI menyambut mahasiswa Poltekkes Kemenkes di Kantor PMI Makassar. Foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Makassar bakal belajar praktik manajemen kebencanaan di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar selama 2 pekan lamanya.

Sebelum praktik, mereka berkunjung dan diterima langsung oleh Ketua PMI Kota Makassar, Dr. Syamsu Rizal di Aula PMI Kota Makassar, Jl. Kandea, Senin (13/11/2023).

Dosen Poltekkes Kemenkes, Sukma Saini, M.Kes, mengatakan, total mahasiswa yang praktik lapangan di PMI Makassar sebanyak 175 orang.

Baca Juga : Jika Terpilih di DPR RI, Ini 11 Program Perubahan Deng Ical

Setiap gelombang akan belajar selama dua pekan. Setelah gelombang pertama selesai akan dilanjutkan gelombang selanjutnya.

“Hari ini kita bawa gelombang pertama,” ujar Sukma, Senin.

Sukma mengatakan, praktik lapangan ini merupakan bagian dari mata kuliah manajemen bencana dan penanggulangan krisis kesehatan pada bencana.

Baca Juga : Ketua PMI Deng Ical Terima Kunjungan Belajar Puluhan Siswa SMP Islam Athirah Makassar

Poltekkes Kemenkes dan PMI Makassar telah menjalin kerja sama yang baik dalam pelatihan menejemen kebencanaan selama tiga tahun terakhir.

“PMI adalah salah satu tempat terbaik untuk belajar kebencanaan. Kami ingin mahasiswa terdidik menjadi pejuang kemanusiaan,” ungkapnya.

Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal menambahan di PMI Makassar mahasiswa tersebut akan mengikuti masa orientasi terlebih dahulu sebelum praktik selama dua minggu lamanya.

Baca Juga : Terpilih di DPR RI, Deng Ical Siap Perjuangkan Honorer

“Kita bekali dulu pemahaman terkait PMI, kebencanaan, dan kemanusiaan selama dua hari. Setelah itu langsung action,” ujarnya.

Deng Ical mengungkapkan, belajar kebencanaan akan melatih mahasiswa agar mampu berpikir dan bertindak secara cepat dan tepat dalam menghadapi bencana.

Indonesia merupakan negara yang tidak lepas dari potensi bencana alam, baik disebabkan faktor geologi maupun meteorologi.

Baca Juga : PMI Makassar Gencar Distribusi Air Bersih Kepada Warga

“Kita berharap mahasiswa Poltekkes Kemenkes menjadi salah satu garda terdepan dalam tugas-tugas kemanusiaan,” harap Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081282111231

Follow Social Media Kami

KomentarAnda