Logo Harian.news

Mampu Kembangkan Perpustakaan, Mahasiswa Makassar Tertarik Teliti Inovasi Sentuh Pustaka

Editor : Rasdianah Selasa, 09 Juli 2024 14:12
Seorang mahasiswi sedang melakukan penelitian di Perpustakaan Kota Makassar. Foto: dok Dipsus Makassar
Seorang mahasiswi sedang melakukan penelitian di Perpustakaan Kota Makassar. Foto: dok Dipsus Makassar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Inovasi sentuh Pustaka dianggap mampu mengembangkan dunia Perpustakaan khususnya di Kota Makassar, hal ini menjadi daya tarik di kalangan Mahasiswa untuk melakukan penelitian untuk menyelesaikan program studi.

Teranyar, mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM), Nurul Indahswari Natsir yang juga tertarik melakukan penelitian inovasi Sentuh Pustaka, milik Dinas Perpustakaan (Dispus) Kota Makassar.

Mengangkat judul “Optimalisasi Digitalisasi Program Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Nurul melakukan wawancara langsung dengan inovator Sentuh Pustaka yang juga Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar di ruang kerjanya, Senin (8/7/2024) kemarin.

Baca Juga : Proses Lelang Sekda Makassar Menuju Tahap Akhir, 3 Nama Besar Keluar: Siapa yang Gugur?

Kata Nurul, alasan di balik ketertarikannya dengan Sentuh Pustaka, karena inovasi ini dianggap sangat membantu Perpustakaan khususnya Perpustakaan Sekolah.

“Bagus inovasinya karena membantu Perpustakaan Sekolah menata perpustakaannya agar sesuai standar dan terakreditasi, informasi awalnya saya banyak dapat di media online dan media sosial” ujar Nurul, seperti yang diterima, Selasa (9/7/2024).

Sementara itu, Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni mengatakan, program Inovasi Sentuh Pustaka telah berjalan sejak tahun 2018,sampai sekarang banyak diminati mahasiswa untuk penelitian tugas akhirnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unhas dan UNESCO Fokus Kembangkan AI di Ranah Kampus

“Alhamdulillah, ini sudah sekian kalinya Mahasiswa melakukan penelitian tentang inovasi Sentuh Pustaka baik program S1 maupun S2 dengan berbagai sudut pandangnya. Sebelumnya Mahasiswa/i dari UNHAS dan UIN Alauddin Makassar.” katanya.

Katanya, inovasi ini terus berkelanjutan sebagai suplemen dalam pembinaan Perpustakaan dan telah mengantarkan 40 Perpustakaan Sekolah SD dan SMP di Kota Makassar terakreditasi A dan B dan di tahun 2021.

Inovasi ini juga telah mendapatkan penghargaan tertinggi/terpuji sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional dari Kemenpan-RB.

Baca Juga : DWP Diskominfo Makassar Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Anak Tenaga Honorer

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda